Home / Teknologi / Hardware / Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Laptop gaming biasanya digunakan untuk tujuan khusus yaitu bermain game. Walaupun dapat juga digunakan untuk fungsi yang lain namun biasanya si empunya laptop pasti lebih banyak menghabiskan aktifivitas laptopnya dengan bermain game. Lalu bagaimana memilih laptop gaming yang tepat? syukur-syukur bisa dapat murah. Tapi biasanya kalau sudah namanya laptop gaming, harganya pasti di atas rata-rata laptop biasa. Kenapa? karena spesifikasi yang harus dimiliki laptop gaming berbeda atau lebih tinggi dari laptop untuk kantoran atau sekolahan. Dengan pemilihan hardware yang tepat namun berkualitas, saya rasa harga bisa di tekan seminim mungkin.

Spesifikasi Utama Laptop Gaming

  1. Kartu Grafis

    Perangkat pertama dan utama yang harus mumpuni dari laptop gaming adalah kartu grafis atau Graphic Card. Game saat ini membutuhkan kartu grafis yang bagus agar gambar dapat ditampilkan dengan halus tanpa lag. Dengan memilih kartu grafis yang tepat maka tampilan game yang sempurna dapat membuat suasana bermain game semakin seru tanpa keluhan “patah-patah”. Ada dua jenis kartu grafis yang terkenal saat ini yaitu ATI Radeon dan nVidia. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan kedua kartu grafis ini, persyaratan utama yang harus dimiliki laptop gaming adalah Memory Bus minimal 128 bit,  Memory Type DDR3 dengan Memory Size minimal 2 Gb.

    Memory Bus sangat mempengaruhi kinerja GPU selain dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sebagai contoh, apabila Anda memilih memory bus 64 bit dengan memory size 2 Gb dibandingkan dengan memory bus 128 bit dengan memory size  1 Gb sama-sama DDR3 maka lebih cepat GPU yang memiliki memory bus 128 bit walaupun memory size 1 Gb namun harganya mungkin sedikit lebih mahal dari 64 bit. Jadi pastikan laptop Anda memiliki GPU dengan Memory Bus minimal 128 bit. Untuk pemilihan jenis produsen, apakah lebih baik nVidia atau ATI, saya tidak bisa memberi saran. Ada yang mengatakan nVidia lebih bagus namun banyak juga yang menyatakan bahwa ATI Radeon lebih bagus apalagi kalau disandingkan dengan Processor AMD.

    Laptop Gaming GPU test

  2. Processor

    Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memilih laptop gaming adalah core processor. Semakin banyak core processor dalam sebuah processor laptop gaming maka kinerja laptop akan semakin ringan. Laptop Anda tidak akan berteriak minta ampun ketika disuguhkan game-game dengan grafis tinggi. Minimal spesifikasi processor untuk laptop gaming adalah AMD A8 Series atau Intel core i5 Series. Apabila ingin memilih salah satu diantara kedua,  saya menyarankan untuk memilih AMD A8 Series karena l2 cache lebih besar, GPU clock speed lebih tinggi, core CPU lebih banyak. Perbandingan yang saya ambil pada Intel Core i5 4200U versus A8 6410.

    Laptop gaming processor intel core i5 vs amd a8
    source: cpuboss.com
  3. Ram

    Pemilihan Ram adalah opsi ketiga setelah 2 opsi diatas terselesaikan. Tentunya pemakaian ram yang lebih tinggi akan memberikan performa yang lebih baik. Minimal pemakaian Ram untuk laptop gaming adalah 4 Gb DDR3. Agar ukuran ram dapat digunakan full oleh sistem operasi maka sangat saya sarankan untuk menginstall windows 64 bit. Pada windows x86 atau 32 bit, Ram hanya terbaca maksimal 3,2 Gb.  Walaupun dengan fitur Physical Address Extension (PAE) pembacaan ram bisa maksimal pada windows 32 bit namun butuh pacth khusus dengan pengetahuan teknis yang bagus agar hal tersebut dapat terjadi. Jadi daripada susah-susah mendingan install yang windows 64 bit aja langsung.

  4. Hard Disk Drive

    Nah kalau yang ini gak perlu besar-besar, yang penting rpm-nya minimal 7200. Memang sih semakin cepat rpm, HDD bisa semakin panas. Namun apabila body laptop gaming – nya memiliki sirkulasi udara yang bagus, menurut saya HDD nya aman-aman aja. Untuk jaga-jaga bisa ditambahkan cooler atau pendingin di bawah laptopnya agar laptopnya tetap awet. Apabila Anda punya budget atau dana lebih bisa mempertimbangkan untuk memakai SSD (solid state disk). SSD ini tanpa piringan, jadi kemungkinan untuk crash lebih kecil, namun harganya jauh lebih mahal di bandingkan HDD.

Spesifikasi Tambahan Laptop Gaming

  1. Sound System

    Selain 4 faktor di atas untuk laptop gaming, suara juga sangat mempengaruhi emosional gamers dalam memainkan game kesayangannya. Biasanya dengan sound system yang sempurna, permainan game akan terasa lebih nyata dan seru. Anda bisa memilih laptop gaming dengan sound built-in yang sudah mendukung surround system agar suara gamenya bisa lebih menggelegar.

  2. Keyboard

    keyboard untuk game
    www.razerzone.com

    Kalau yang ini sebenarnya tergantung gamenya sendiri. Ada game yang lebih membutuhkan keyboard bagus dari pada mouse, misalnya game Ayo dance atau Mstar. Namun game jenis FPS seperti Point Blank atau Ghost Recon Phantom dibutuhkan keyboard dan mouse yang sama-sama ok punya.

  3. Mouse

    mouse untuk game
    www.razerzone.com

    Sama seperti kebutuhan keyboard, mouse juga tergantung dari game yang dimainkan. Tapi untuk mendukung kepuasan bermain game saya rasa mouse macro wajib Anda miliki.

Nah, tips memilih laptop gaming yang tepat sudah saya beberkan satu persatu di atas. Sekarang tergantung Anda dan juga dana dikantong apakah kebutuhan minimal hardware di atas sudah dapat dipenuhi. Apabila tidak, tentu saja laptop dengan spesifikasi seadanya masih bisa diajak bermain game. Namun tentu saja kenyamanan bermain game akan berkurang.

Oya saya lupa, untuk jenis game online saya rasa ada satu hal yang perlu dijaga ketat ketika bermain online yaitu koneksi internet. Kan gak lucu jadinya kalo laptop gaming dengan spesifikasi dahsyat masih tetap lag hanya karena koneksi internetnya lelet..haha. Selamat hunting laptop gaming bro, kalau bisa dapat yang murah ya :).

About Menara Langit

Tidak ada yang istimewa dari saya. Semua berawal dari kerja keras, kemauan tinggi, berfikir positif dan sedikit keberuntungan. Hard work Smart work. Sehari-hari mencari sesuap nasi di DUMAY
  • Untuk bermain game memang dibutuhkan laptop dengan klasifikasi kelas wahid bos, kalau yang standar kadang lag.. atau parahnya bisa langsung tutup sendiri aplikasinya (pengalaman pribadi bos)

    • betul betul…pengalaman ane maen game ghost recon phantom..kadang kalo lag..bisa kena semprot ama team hahahaha

  • fajrin mukti

    punyaku laptop hp pavilion g008AU amd a8 radeon r5 graphics buat main pb juga ngelagnya minta ampun dah.. padahal udah di setting minimum..solusinya gimana y gan

    • Bisa di ss gak gan performa laptop pas lagi maen pb? Coba liat di task manager ada tuh namanya performa..ntar ada grafik processor ama ram sekalian hdd plus jaringan. Nah dr hasil ss ntar ketahuan apa hardwarenya yg bermasalah atau mungkin software pendukung yg gak cukup.

      • fajrin mukti

        caranya lihat task manager tu dimana gan?

        • Tekan ctrl+alt+del secara bersamaan trus pilih task manager..trus liat di tab performance

          • fajrin mukti

            kayak gitu gan barusan ane cek

          • gan..coba klik open resource monitor. Dibagian memory lihat indikator warna hijau (In Use=sedang terpakai) itu berapa? trus warna biru (standby=sisa memory) itu tinggal brp? kalo yang terpakai sudah melebihi 70% maka main game bisa nge-lag. Kalo gak salah punya agan kan memory-nya 2Gb ya. Jadi supaya maen PB nya lancar matiin dulu aplikasi yang lain. Selain itu aplikasi yang running ketika laptop hidup (startup) juga di disable. Gak semua seh didisable. Pilih aja yang gak penting. Saya pakai CCleaner utk menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu running ketika startup. Coba agan install ccleaner trus ss bagian windows, scheduled task dan context menu. Setelah saya lihat ssnya nanti saya saranin aplikasi apa aja yang boleh didisable. Soalnya kalo didisable semua malah kacau nanti laptopnya hehehe.
            Ne SS contoh punya saya:

          • fajrin mukti

            ni gan.. pdhal belum buat main game ap2 tapi kok udah segitu ya.. jadi lemot ni laptop gan..

          • whuahahahaha..itu coba install ccleaner gan..trus kasih nampak ss kayak punya ane diatas. Oya itu autoupdate.exe itu aplikasi apaan gan?Trus Manycam itu utk kamera ya? Lekwusi.exe itu apa gan? Kalo liat ssnya sih plugincontainer.exe makan banyak resource. Agan pakai add-on apa aja seh di browser kok bisa greget gitu ya :D. Coba ekstensi atau add-on nya matiin dulu..trus liat cpu-nya dah LOW blom.

          • fajrin mukti

            ga tau gan ane.. tu laptop baru seminggu.. baru ane install red alert ama pb doang.. yang lain bawaan semua gan.. kurang pahan msalah laptop ane.. trus cara buat ngilanginnya gimana tu gan

          • Hehehe..okok..jangan panik..intall dulu ccleaner trus ss semua bagian startup-nya kesini (bagian startup aja ya).

          • fajrin mukti

            ini gan

          • CinemaPlus itu apa gan? kalo gak terlalu penting nonaktifkan, Default search protected itu punya anti virus ya? kalo gak penting coba disable dulu. Bagian scheduled task kalo bisa di disable semua, disable aja. Di bagian registry, klik scan issues kemudian klik fix selected issues dan pilih fix all selected issues. Begitu juga bagian cleaner centang semua kolom kecuali WIPE FREE SPACE JANGAN DI CENTANG.
            Kemudian klik analyze dan terakhir klik run cleaner. Juga jangan lupa untuk scan laptopnya dengan antivirus.

          • fajrin mukti

            1 lagi

          • google update nonaktifkan.

          • fajrin mukti

            kadang2 kalo lagi main juga sering muncul kayak gitunya gan.. ap itu virus ato gimana ya gan..

          • itu ada aplikasi yang auto-update nya ON..Tinggal di matikan/disable aja. Lihat pakai ccleaner. Untuk melihat aplikasi apa yang paling banyak memakan resource dapat dlihat di resource monitor bagian ram dan CPU. Pastikan juga driver VGAnya sudah terinstall dengan benar.