Home / Berita / Teknologi Mesin Pencarian Google Knowledge Graph

Teknologi Mesin Pencarian Google Knowledge Graph

Teknologi Mesin Pencarian Google Knowledge Graph – anda mungkin bertanya apakah semua informasi di internet bisa dipercaya? atau apakah informasi yang ada di internet itu akurat? Jawaban nya tergantung anda. Tergantung sebesar apa pengetahuan kita (knowledge) terhadap informasi tersebut, tergantung sejauh mana pengalaman kita terhadap informasi yang kita terima dari internet. Google mencoba pertanyaan tersebut dalam bentuk visual (Graph) ketika kita mengunjungi mesin telusur google dengan Program Teknologi Mesin Pencarian Google Knowledge Graph.

Hari ini dengan semakin berkembangnya teknologi internet, hampir semua orang akan mengacu atau mencari jawaban dari  setiap permasalahan atau pertanyaan ke mesin pencarian. Tidak hanya bertanya, mengupdate pengetahuan atau informasi berita terkini juga dilakukan melalui internet.

Fenomena ini terkadang di salahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyajikan informasi yang kurang tepat ataupun salah dengan tujuan tertentu. Informasi salah tersebut bisa jadi disengaja atau tidak, yang pasti pembaca akan menyerap semua informasi yang ada di internet dan kemudian dicerna sesuai dengan pemahamannya.

Google melihat perkembangan penyajian informasi yang tidak akurat bisa berdampak buruk bahkan merugikan pengunjung internet. Google knowledge graph berusaha memutus mata rantai informasi yang salah tersebut dengan menyajikan sesuatu yang lebih akurat dan valid untuk pengunjung dari hasil telusuran yang di lakukan. Mari kita lihat bagaimana google melakukan nya.

Teknologi Canggih Google Knowledge Graph

Sebenarnya Google Knowledge Graph bukan lagi sebuah teknologi yang dinantikan kehadirannya. Semua sudah dimulai dari May 2012 menurut situs searchengineland.com. Sampai saat ini Google Knowledge Graph masih terus dalam tahap penyempurnaan dan belum menyentuh semua bahasa pada kategori tertentu (misalnya kesehatan).

Evolusi Google Search Engine

Dalam video tersebut terlihat ilustrasi dari hasil pencarian di search engine google. Hasil dari kata kunci yang diketikkan akan menghasilkan berbagai kemungkinan yang paling relevan dengan keinginan pengunjung. Hasil pencarian merupakan jawaban dari pertanyaan yang paling banyak diajukan dan menghasilkan sebuah daftar atau koleksi informasi yang akurat dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan.

Teknologi Google Knowledge Graph menurut Jack Menzel – Google Product Manager, sebuah kata kunci pertanyaan akan mengacu pada sesuatu hal yang nyata, lengkap dan terintegrasi. Bukan hanya penjelasan tentang bangunan atau hewan tetapi juga semua informasi mengenai bangunan atau hewan yang terkenal tersebut. Dengan teknologi mesin pencarian ini, google bukan hanya mempersembahkan sebuah kontent artikel tapi katalog informasi lengkap dengan visualisasi.

Teknologi google knowledge graph akan sangat menonjol di perangkat mobile baik smartphone maupun tablet. Hanya dengan suara anda, google akan menampilkan apa saja yang anda perlukan. Untuk saat ini mungkin informasi melalui fitur google voice belum tersedia lengkap di indonesia karena keterbatasan data yang dimiliki baik kosakata bahasa, akses, peta maupun informasi lainnya. Bandingkan apabila anda berada di USA dan mengakses google dengan Bahasa Inggris. Lihat video dibawah ini:

Teknologi Informasi Telah Dimulai!!

Anda mungkin telah melihat serangkaian perubahan baik tampilan maupun bentuk informasi yang diberikan google di halaman search engine. Teknologi Google Knowledge Graph yang tidak lagi di nantikan, tapi sudah menjadi sebuah kenyataan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Apabila anda mencari informasi tentang “hotel di banda aceh” atau warnet di jakarta, anda akan disajikan informasi seperti gambar di bawah ini:

Alamat Hotel di Banda Aceh (Teknologi Masa Depan dengan Info Akurat)

alamat warnet di jakarta

Informasi Kesehatan di Google Knowledge Graph

Google melalui blog resmi nya mengumumkan tampilan baru dari pencarian informasi tentang kesehatan. Informasi yang ditampilkan adalah ilustrasi dari penyakit, Penjelasan singkat tentang penyakit, penyebab, indikasi dan cara mengatasi nya.

Informasi suatu penyakit dari teknologi knowledge graph (Gambar 1)

Informasi suatu penyakit dari teknologi knowledge graph (Gambar 2)

Informasi suatu penyakit dari teknologi knowledge graph (Gambar 3)

Walaupun informasi penyakit yang ditampilkan oleh google knowledge graph belum terlalu lengkap tapi google telah memulai sebuah evolusi dalam penyajian informasi yang dibutuhkan.

Informasi Lengkap dan Aktual dari Google Knowledge Graph

Berita terkini dari sebuah even terkenal ataupun profil lengkap seorang bintang ditampilkan lebih detail oleh google search engine.

Informasi Aktual dari google knowledge graph

Profil lengkap Cristiano Ronaldo dari google knowledge graph

Dari gambar diatas, nampak bahwa informasi lebih aktual dan lengkap. Tidak hanya menampilkan berita ketika kita mengetikkan kata kunci, tapi juga semua informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Bagaimana Google mengumpulkan Informasi yang akurat?

Tentu sempat terbesit dalam pikiran kita, kenapa google bisa tahu dan paham dengan (hampir) semua pertanyaan yang kita ajukan di google search engine? Matt Cutts – Head of Google’s Webspam Team (Komandan satpam khusus untuk website nakal) menjelaskan secara singkat dalam video dibawah ini:

Ada serangkaian tindakan yang dilakukan oleh google untuk mendapatkan informasi yang ada di dunia maya dan juga melindungi agar informasi yang tersedia bisa tetap akurat, bermutu dan tentunya dapat dipercaya.

Sistem Kerja Teknologi Google Knowledge Graph

Sekarang mari kita lihat bagaimana Google Knowledge Graph bekerja untuk anda. Sebelumnya lihat video dibawah ini:

Google Knowledge Graph bekerja berdasarkan informasi yang tersedia dari markup data. Secara sangat sederhana, apabila ada sebuah benda (entity) dan pilihan yang ditawarkan untuk menggunakan benda tersebut (affordance) maka akan menghasilkan tindakan (action) pemanfaatan benda tersebut.

Google Knowledge Graph menggunakan schema.org dan JSON-LD untuk memenuhi permintaan pengguna. Ketika sebuah entity disebutkan atau diketikkan oleh pengguna, misalnya lagu “sakitnya tuh disini” maka google menggunakan affordance untuk menampilkan action dalam bentuk lagu sesuai dengan keinginan pengguna.

Proses dari permintaan pengguna, pilihan tindakan yang diberikan oleh google knowledge graph sampai dengan hasil yang diterima pengguna adalah sebagai berikut:

Google menggunakan JSON-LD markup dari database nya yang diproses oleh robot crawler dan kemudian disimpan dalam cloud server database knowledge graph yang disebut Cayley (Cayley adalah open-source graph kolaborasi dari database graph Freebase and Google’s Knowledge Graph). 

Robot Crawler merubah markup data di server google menjadi triples (contoh penggunaan triples lihat di w3.org). Ketika PotentialAction triples graph didapatkan maka data tersebut dimasukkan ke database Cayley.  Ketika ada permintaan dari user baik mobile search maupun web search Cayley akan memanggil data tersebut. Khusus untuk website, PotentialAction target dari Cayley adalah http url template yg kita letakkan di bagian <header>, misalnya :
[alert-success]”urlTemplate”: “http://waroong.net/search?q={q}”[/alert-success]

Jadi Google knowledge graph sangat memerlukan markup data schema.org yang ada di header template sebuah domain untuk untuk merespon permintaan pengguna.

Pemandu MarkUp Data Terstruktur – Google Webmaster Tools

Untuk mengimplementasikan markup data sesuai dengan permintaan Cayley, sampai saat ini saya belum melihat ada nya pilihan mark up seperti yang biasa saya lakukan. Lihat gambar dibawah:

contoh markup data JSON-LD

Apakah memang belum di gunakan untuk umum atau memang ada metode lain untuk memasukkan markup data tersebut.

[Update] freebase, akan berubah menajdi read-only tanggal 31 Maret 2015 dan akan dipindah ke wikidata.org. Jadi sebelum tanggal tersebut kawan-kawan boleh mencoba memasukkan data-data yang diperlukan. Saya pribadi belum paham betul cara menggunakan freebase ini. Mohon bantuan kawan-kawan yang sudah paham atau tahu tentang hal tersebut bisa komentar di bawah.

freebase schema

Semoga informasi tentang teknologi Google Knowledge Graph dari google search engine ini bermanfaat untuk kawan-kawan blogger. Jadi kita tahu bahwa kedepan akan ada perubahan dari google dalam menjelajahi blog-blog kita. Backlink building mungkin tidak lagi menjadi perhatian serius google, kita harus mulai dengan Backlink Earning. Bagi yang punya AGC juga mungkin akan memutar otak nya untuk menyesuaikan dengan zaman. Terimakasih telah berkunjung, saran, kritikan dan makian mohon di tuliskan di kolom komentar.

Lihat juga informasi lain.

About waroong.net

  • Wahyuni Hendri

    luar biasa kemajuan ilmu kawan yg satu ini.. canggih sangat.. dah tak terjangkau otak awam yar..

    • Ba a pulo lah ndri, alah jadi priuk nasi. ndak do pilihan lain. hehehe

      • Wahyuni Hendri

        mantap. ilmu nambah, dolar pun nambah.. duduk duduk online depan komputer jadi jutawan.. luar biasa.. perlu belajar ni sama mastah nya waroong.net (mbah mahyar dari sektim)

  • Hahahaha…ampun guru..anak muridmu ini baru belajar.
    Salam untuk keluarga ndri. Khususnya untuk Ibu di Samadua.

    • Wahyuni Hendri

      di sigli di bagian mananya yar? mana tau numpang lewat suatu masa ntar bisa mampir awak minta seteguk kopi..

  • keren that bang..nyo ka kumulai tinggalkan jejak beuh

    • udah berkunjung tadi kesana..tadi gak ada orang nya..hahaha

      • orang nya lagi di di server baru waroong.net bang..ab ini kemana luu..kok lari lari saja dulu..

        • Hahaahahah..kecapean..tadi subuh abis pointing langsung tepar.

          Kayaknya ada info terbaru ne dari google knowledge graph. Nanti kita bicarakan sambil ngopi di alibungker.blogspot.com hahahaha

  • bang coba cek ali.waroong.net

  • Woh……… Artikelnya sepanjang jalan kenangan. Gimana gak langsung meluncur kedepan.. susah nih numbanginya 😀

    • hahahahaha….semangat om..pendek itu..malah ada yg lebih panjang lagi artikel ku.hehehe

    • wah mas tah berkunjung..hehehe..masih lama om. masih punya banyak kesempatan. yg penting semangat

      • Hahahaha… tapi kalau ngejar yang ini pasti susah :p

  • wuess mantab hahahaha. Udah bisa siap siap pindah rumah neh kayaknya.

    Mungkin nanti bisa di buat 1 biji sub lagi namanya emosidotwaroongdotnet bang.

  • CumaFakta.com

    Keren ya Bg, makin Lama Teknologi Google makin Canggih.. Takutnya Ntar Bisa Ngerusak Dunia Sangking canggihnya Google :3 Wkwkwkwk

    • hahaha..kalo masalah itu panjang ceritanya bro. kalo dah baca artikel diatas berarri dah siap dengan algoritma baru google tgl 21 april.

  • Fuadi Mukhlis

    Knowledge Graph diperkirakan akan menyeluruh tahun 2020 bersama pengenalan teknologi 5G, kata siapa? Kata saya.. hahaha.. namanya juga masa depan, siapa saja boleh memprediksi… google saya prediksi sedang siap2 untuk penyempurnaan “privasi” jadi …. satu akun gmail, yahoo, twitter, dll.. nanti akan lebih powerfull, imbasnya backlink dari akun yang gak jelas akan tidak dianggap.. sudah tahukan sampean akan teknologi security dari Qualcomm dan ARM pada chip terbarunya… yosh semua untuk melindungi privasi, semua kearah sana.. MUNGKIN hahaha

    • Wah kalo teknologi security nya Qualcomm dan ARM betul tau saya mas. Berita baru neh. nanti coba saya baca-baca lagi. Makasih mas info nya

  • Web Searcher

    benarkah demikian ? alat-alat canggih doraemon akan segera menjadi kenyataan ?

    http://www.3teria.com/view/190/teknologi-masa-depan-yang-akan-segera-menjadi-realita