Home / Tips dan Trik / Pengaruh Url Underscore Terhadap SEO

Pengaruh Url Underscore Terhadap SEO

Apa yang dimaksud oleh google tentang underscores? yaitu url yang mengandung underscores ( _ ) atau garis bawah pada blog atau website kita. Ada banyak alasan kenapa garis bawah tersebut muncul di judul url, salah satu nya supaya nampak beda atau mungkin karena kesalahan dari widget atau template yang dipakai. Yang pasti url underscore bisa berpengaruh sangat buruh buat optimasi search engine. Simak penjelasan dari Matt Cutts mengenai aturan tersebut.

Cara Search Engine Membaca Url Underscore

Mari kita lihat bagaimana search engine Google membaca url yang terdapat garis bawah. Misalkan judul artikel di waroong.net adalah “teknologi masa depan”, maka secara otomatis biasanya url nya menjadi : http://waroong.net/teknologi-mesin-pencarian-google-knowledge-graph/ dengan strip atau hyphens. Penyederhanaan link seperti contoh tersebut memungkinkan pembaca untuk lebih memahami tentang apa yang akan mereka klik dibandingkan dengan url underscore yang membuat judul terus bersambung. Dari sisi robot pencari, pembacaan “teknologi-masa-depan” akan menghasilkan beberapa variasi output karena dianggap itu adalah kata yang terpisah misalnya:

  • teknologi masa depan
  • masa depan teknologi
  • teknologi masa
  • masa
  • depan
  • teknologi
  • teknologimasadepan

Dan artikel dengan judul “teknologimasadepan” akan berada di halaman terakhir dibandingkan dengan “teknologi masa depan”. Judul tersebut juga bisa tetap muncul apabila pilihan lain diatas sudah tidak ada. Anda bisa langsung melakukan percobaan dengan menulis keyword tanpa spasi dan bandingkan dengan  yang memakai spasi. Keyword tanpa spasi akan di di balas oleh mesin pencari dengan “Mungkin maksud Anda adalah: teknologi masa depan“. Anda dapat melihat petunjuk lebih rinci dari google webmaster mengenai panduan menjaga kesederhanaan url.

url underscore berakibat buruk untuk seoUrl underscore ini tidak hanya berlaku untuk url judul artikel tapi juga image alt tag atau teks alternatif dari gambar yang ada di blog. Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci di mesin pencarian maka gambar yang mengandung unsur seperti yang saya sebutkan diatas juga bisa berpengaruh buruk.

Jadi, cek kembali url artikel yang telah anda posting apakah mengandung url underscore atau tidak. Untuk melakukan pengecekan anda bisa memakai tool online yangbanyak bertebaran di internet, salah satunya woorank. Dengan tool online tersebut anda akan mendapatkan puluhan informasi yang sangat bermanfaat. Memang tidak ada yang sempurna, dan itu juga berlaku bagi blog saya tapi paling kurang kita sudah berusaha meminimalisir kesalahan dalam seo. Semoga bermanfaat.

About waroong.net