Home / Berita / Pencurian RSS Feed oleh Blog / Web Lain

Pencurian RSS Feed oleh Blog / Web Lain

Sebenarnya apa itu RSS Feed? Menurut wikipedia, feed adalah format data yang digunakan untuk menyediakan update konten sebuah blog atau weblog kepada pembaca yang telah berlangganan. Sedangkan RSS adalah sebuah file berformat XML yang digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs atau weblog untuk mengambil Feed yang ada pada sebuah web atau blog.  Secara sederhana teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (RSS feed).

Pencurian RSS Feed

Dalam perjalanan implementasi teknologi ini, banyak blogger yang melakukan penyimpangan dengan melakukan “pencurian” RSS feed situs lain dan disematkan pada blognya dengan tujuan tertentu. Ada yang ingin menduplikasi konten, ada juga yang ingin mendompleng kata kunci di halaman pencarian atau ada juga yang hanya ingin memberikan reputasi buruk situs asli pemilik feed.  Sebenarnya RSS feed ini dapat berdampak positif bagi pemilik yang asli apabila feed tersebut yang di tampilkan hanya judul saja atau dengan deskripsi dan berisi link yang mengarah ke blog aslinya.

Namun beberapa hal yang terjadi adalah ketika pengunjung melakukan pencarian kata kunci tertentu dan kemudian menuju blog atau situs dengan kata kunci tersebut dan ternyata artikel yang dicari tidak ada. Hal ini berbeda dengan halaman 404 karena pengunjung diarahkan ke halaman pencarian (search page) blog maling tersebut.

Bisa jadi pengunjung kesal dan kemudian hari ketika bertemu dengan kata kunci tersebut di halaman pencarian maka dia tidak akan mengunjungi blog tersebut, padahal mungkin itu blog yang asli (pemilik feed) karena kejadian tempo hari. Pada tingkatan paling berbahaya adalah pencurian RSS Feed dengan konten full. Kenapa berbahaya? karena mesin pencarian akan mendeteksi duplikasi konten yang akhirnya mempengaruhi reputasi atau ranking dari artikel yang di duplikasi.

Waroong Internet sendiri banyak mengalami pencurian RSS Feed walaupun hanya pendomplengan kata kunci ataupun feed artikel yang hanya berisi artikel (karena admin sudah mempersingkat feed) oleh blog-blog lain tanpa seizin dan tidak memberikan link artikel menuju waroong.net.

Apa yang terjadi selanjutnya? Dari sisi search engine ada sedikit sisi positif yaitu kata kunci waroong internet banyak tersebar di blog-blog lain. Namun reputasi artikel atau situs waroong.net sendiri di mata pembaca menjadi menurun atau buruk karena artikel yang ditampilkan tidak tersedia dengan sengaja atau berada di situs konten negatif.

Berikut adalah screenshoot beberapa blog yang saya periksa melakukan teknik pengumpulan artikel waroong.net baik kata kunci maupun artikel yang hanya berisi deskripsi.

tehnik seo jahat pencurian rss feed teknik seo negatif tehnik black seo kata kunci populer yang di curi blog lain tehnik blog agcteknik pencurian kata kunci

Jadi bagi pembaca setia waroong internet yang bertemu dengan situs situs pada gambar yang saya perlihatkan diatas, perlu saya beritahu bahwa pemakaian RSS Feed di blog lain tanpa link yang mengarah ke blog waroong internet atau berada di blog kontent terlarang tidak diijinkan sama sekali. Satu hal yang saya sesalkan adalah beberapa kata kunci atau feed waroong internet berada di blog konten dewasa atau blog perjudian.

waroong.net redirect https ke http

Apabila Anda menemukan halaman 404 atau artikel tidak ditemukan pada halaman resmi waroong.net ini, hal tersebut karena perubahan permalink url yang terjadi pada waroong internet dan tidak sama dengan hal tersebut diatas. Apabila pembaca juga menemukan halaman https waroong.net yang error, hal tersebut karena perubahan redirect 301 dari https ke http yang belum sempurna.

Semoga pengalaman saya tentang rss feed ini dapat juga menjadi pelajaran bagi blogger lain agar dapat mengamankan kontennya dengan baik dari tangan-tangan jahil.

About Menara Langit

Tidak ada yang istimewa dari saya. Semua berawal dari kerja keras, kemauan tinggi, berfikir positif dan sedikit keberuntungan. Hard work Smart work. Sehari-hari mencari sesuap nasi di DUMAY