Home / Internet Marketing / Pasang Tombol Share di Blog Supaya Trafik Meledak

Pasang Tombol Share di Blog Supaya Trafik Meledak

Tombol share memegang peranan penting dalam membangun brand sebuah website atau blog sekaligus juga mempengaruhi angka trafik pengunjung ke website tersebut. Mengapa demikian? Hari ini, angka yang tertera di tombol share media sosial telah menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah blog / website mengarungi dumay. Biasanya ketika kita melihat sebuah blog memiliki angka share atau like yang melebihi 1K di tombol share, secara sederhana kita melihat adanya pengakuan, ketertarikan atau manfaat dari konten dari pengunjung blog tersebut dan pengakuan tersebut disebut dengan social proof.

Kesan pertama yang kita dapatkan ketika melihat tombol share yang memiliki angka share fantastis adalah konten tersebut aktif dikunjungi oleh para pembaca dan berhasil menyihir pengunjung untuk rela menekan tombol share atau like dan menyebarkan konten tersebut ke teman-teman di akun medsosnya. Selanjutnya, karena angka fantastis di tombol share – katakanlah 10.000 like – maka ada beberapa visitor yang juga ingin terlibat secara emosional dengan ikut menekan tombol share tersebut.

Dengan kata lain tombol share merupakan fenomena psikologis dimana orang menggunakan tindakan orang lain untuk memandu perilaku mereka sendiri. Perilaku tersebut menjelaskan istilah psikologis untuk “monkey see monkey do“, seperti yang dikatakan oleh seorang blogger Julie R. Neidlinger (@JulieNeidlinger):

Social proof merupakan jalan pintas dalam proses pemikiran. Kita tidak harus berpikir karena yang lain sudah melakukannya (asumsi).”

Fungsi Tombol Share

Tombol share berfungsi sebagai social proof dari sebuah konten atau website sekaligus membantu mendapatkan visitor selain dari search engine dengan tersebarnya konten di media-media sosial yang ada. Dengan banyaknya pengunjung yang berbagi konten tersebut maka akan membuka kemungkinan kenaikan persentase trafik referral dari media sosial yang ada.

Persentase tweet dari tombol twitter
Picture by: www.niemanlab.org

 

Bahkan efeknya akan sangat luar biasa ketika konten tersebut menjadi viral di dumay sehingga search engine juga akan memberikan apresiasi positif dengan menempatkan konten tersebut di halaman pertama.

Posisi Tombol Share yang Baik

Secara psikologi, pengunjung selalu ingin melirik atau melihat hal-hal yang menarik perhatian dengan kemasan gambar atau warna yang bersahabat dengan indra penglihatan. Pengunjung juga ingin dipermudah dalam mengakses fitur atau konten yang tersedia di blog tersebut. Selain dipengaruhi oleh isi konten, penempatan tombol share yang baik akan mempengaruhi sejauh mana kita dapat mempengaruhi alam bawah sadar mereka untuk menekan tombol tersebut.

“Namun perlu diingat jenis tombol share yang kita pilih adalah jenis yang dapat menampilkan akumulasi hasil share dari pengunjung konten.”

Jadi pertanyaan dimana posisi tombol share yang  baik? Jawabannya adalah ditempat yang paling mudah dijangkau oleh visitor. Sebaiknya tombol share diletakkan disamping scroll bar, dibawah artikel, diatas artikel dan dibagian paling bawah blog atau website untuk versi mobile.

Cara Paling Mudah Pasang Tombol Share di Blog

Tombol share yang paling mudah dipasang dengan fitur-fitur menarik dan tentunya gratis menurut saya adalah “addthis“. Satu akun addthis dapat digunakan untuk beberapa blog sekaligus dan dilengkapi dengan share analytic. Selain tombol share, Addthis juga memberikan fitur lengkap gratis rasa premium yaitu:

  • Social Media Buttons
    • Sharing Sidebar
    • Mobile Sharing Toolbar
    • Image Sharing Tool
    • Mobile Toolbar
    • Follow Header Buttons
    • Horizontal Follow Buttons
  • Targeting
    • Exit Share Button
  • Recommended Content
    • What’s Next
    • What’s Next Mobile

Langkah-langkah mengaktifkan fitur-fitur dari addthis

  1. Klik link ini https://www.addthis.com/get/sharing dan tekan tombol “sign up for addthis”
  2. Register akun dengan mengisi email dan password. Kemudian buka email untuk verifikasi ulang.Register AddThis
  3. Apabila akun addthis sudah diverifikasi, login melalui https://www.addthis.com/login untuk mengaktifkan fitur-fitur yang kita inginkan.
  4. Klik Add Profile dan bubuhkan nama yang diinginkan. Satu blog untuk satu profile, namun satu akun bisa untuk beberapa blog.Add Profile
  5. Klik Tool dan pilih fitur addthis yang diinginkan.Profile addthis

Peletakan script tombol share untuk blogspot dan wordpress

Langkah selanjutnya untuk setingan default, klik tombol setup untuk fitur yang kita pilih kemudian klik tombol activate dan copas code yang telah diberikan kebagian closing body atau tepat diatas </body>. Script yangterpasang tidak akan langsung aktif namun menunggu paling cepat 10 menit paling lama 1×24 jam.

social media button

image sharing button

cara pasang script tombol share di wordpress
letak script tombol share di wordpress
cara pasang script tombol share di blogspot
letak script tombol share di blogspot

 

Khusus untuk tombol Sharing Buttons dan tombol Original Sharing Buttons, ada tambahan script (script nomor 2 pada gambar) yang harus diletakkan bagian bawah atau bagian atas artikel (lihat gambar dibawah). Jadi dalam template blog akan ada 2 atau 3 script yaitu script addthis tool pada bagian closing body, script tombol Sharing Buttons pada bagian bawah artikel dan script tombol Original Sharing Buttons pada bagian atas artikel atau sebaliknya  .

Sharing Buttons scripts Sharing Buttons Setup

cara meletakkan script tombol share di bawah atau di atas artikel
cara meletakkan script tombol share di bawah atau di atas artikel blogspot

Untuk wordpress ada cara yang lebih mudah tanpa harus menambah script secara manual yaitu dengan menginstall plugin yang telah disediakan (lihat gambar dibawah). Pada bagian analytic-nya masukkan kode dari profile yang sudah dibuat sebelumnya.

install new plugin

addthis sharing buttons activate

addthis analytics

 

Saran untuk Pengaturan Jenis Tombol Share

Tombol share sebaiknya di kostumisasi sesuai dengan kebutuhan blog. Apabila blog yang mengandalkan gambar sebagai kekuatan blognya, misalnya blog produk atau blog foto maka selain tombol sosmed besar yang wajib ada seperti Facebook, Twitter dan Google +, disarankan untuk menambahkan tombol pinterest di setiap pengaturan tombol. Untuk tombol jenis mobile, disarankan untuk menambahkan tombol whatsapp di pada pengaturan tombol. Jenis blog tutorial atau portfolio maka tambahkan tombol linkedin. Apabila Anda aktif di reddit atau blog berbahasa inggris maka tombol ini juga wajib ditambahkan supaya memudahkan visitor untuk sharing konten.

Kenapa ada penambahan tombol khusus? karena setiap media sosial punya karakteristik tersendiri. Saya sudah pernah menjelaskan karakteristik media sosial besar di artikel karakteristik media sosial.

Bagi template yang sudah memiliki tombol share bawaan, tidak perlu mengaktifkan semua fitur addthis, hanya perlu menambahkan fitur-fitur yang belum tersedia di template seperti fitur Targeting dan Recommended Content. Cukup dengan melakukan pengaturan pada fitur tersebut, mengaktifkannya dan tidak perlu lagi menambahkan script tool addthis yang telah kita letakkan di closing body. Selamat mencoba bro :)

About Menara Langit

Tidak ada yang istimewa dari saya. Semua berawal dari kerja keras, kemauan tinggi, berfikir positif dan sedikit keberuntungan. Hard work Smart work. Sehari-hari mencari sesuap nasi di DUMAY