Home / Tips dan Trik / Kode Samsung: Cek Smartphone Samsung Galaxy Anda

Kode Samsung: Cek Smartphone Samsung Galaxy Anda

Kode samsung berfungsi untuk mengetahui apakah smartphone yang kita beli itu asli atau palsu, memeriksa apakah perangkat wifi dapat bekerja dengan baik, atau mungkin samsung yang kita beli memiliki masalah dengan baterai baik itu pengisian baterai ataupun baterai terlalu boros.

Selain kode samsung untuk memeriksa apakah samsung milik kita itu asli atau tidak, saya juga menyertakan kode-kode samsung lainnya untuk pemeriksaan dengan tujuan yang berbeda. Kode samsung di bawah ini akan diklasifikasikan berdasarkan fungsi kode samsung. Ada kode yang berlaku universal (kode samsung berlaku di semua tipe samsung) dan ada juga kode samsung yang hanya berlaku untuk jenis-jenis samsung tertentu.

Kode Samsung: Periksa Keaslian Smartphone Anda!!!

Agar Anda tidak rugi dan menyesal dikemudian hari, lakukan tips singkat berikut: sebelum membeli tanyakan apakah smartphone samsung yang Anda pilih itu asli atau tidak kepada penjual. Apabila penjual menyatakan smartphone samsung tersebut asli, maka langkah selanjutnya buat perjanjian dengan penjual apabila setelah segel box dibuka dan setelah memasukkan kode samsung untuk autentikasi keaslian, ternyata samsung tersebut palsu, Anda diijinkan untuk membatalkan pembelian.

Setelah kedua belah pihak setuju maka masukkan kode samsung *#0*# (bintang pagar nol bintang pagar). Kode tersebut merupakan General Test Mode untuk memeriksa apakah fitur umum samsung berfungsi dengan baik. Samsung yang asli akan memperlihatkan menu :

kode samsung asli atau palsu

Apa saja fungsi menu-menu diatas, saya akan mencoba menjelaskan secara umum berdasarkan video dibawah ini. Beberapa tombol pada video di bawah mungkin tidak tersedia seperti gambar di atas karena fitur tersebut hanya untuk produk tertentu dari smartpone samsung (misalnya samsung galaxy s6).

  1. Sentuh tombol Red, Green dan Blue atau disingkat RGB. Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik dalam hal ini perangkat samsung yang akan kita beli.
  2. Sentuh tombol Receiver akan mengeluarkan suara tiiiiit panjang, sentuh kembali layar untuk kembali ke menu.
  3. Sentuh tombol Vibration untuk memeriksa apakah fitur getaran (vibrasi) bekerja dengan baik.
  4. Sentuh tombol Dimmer untuk pengetesan pengaturan cahaya redup.
  5. Sentuh tombol Mega cam, apakah kamera belakang dapat mengambil foto dengan baik. Apakah mengeluarkan suara ketika foto diambil serta led flash (apabila fitur tersebut tersedia) bekerja dengan sempurna.
  6. Sentuh tombol Sensor, Anda akan melihat segudang fitur sensor dari smartphone samsung. Umumnya Anda akan mendapatkan image test dan di Accelerometer sensor kemudian Proximity sensor dan Magnetic sensor.
  7. Sentuh tombol Touch kemudian sentuh layar mengikuti kotak-kotak yang tersedia untuk memeriksa apakah layar sentuh berfungsi dengan baik mengingat bahwa smartphone bekerja lebih banyak dengan layar sentuh dibandingkan tombol-tombol manual.
  8. Sentuh tombol TSP Hovering untuk melihat apakah fitur sensor jari tanpa sentuhan langsung ke layar dapat bekerja dengan baik (hanya tersedia pada beberapa produk smarpthone samsung).
  9. Sentuh tombol Sleep dan ketika layar berubah menjadi gelap berarti fitur ini bekerja dengan baik.
  10. Sentuh tombol Speaker dan samsung akan mengeluarkan melodi dari speaker.
  11. Sentuh tombol Subkey untuk melihat apakah semua tombol-tombol manual dari smartphone tersebut dapat bekerja dengan baik.
  12. Sentuh tombol Front cam, apakah kamera depan dapat mengambil foto dengan baik. Apakah mengeluarkan suara ketika foto diambil.
  13. Sentuh tombol LED, ketika menyentuh layar tulisan RED maka lampu sensor bagian atas akan berubah menjadi warna merah dan seterusnya (hanya tersedia pada beberapa produk smarpthone samsung).
  14. Sentuh tombol IR LED, Anda akan melihat beberapa tombol di dalam. Untuk memeriksa apakah fitur ini bekerja dengan baik harus memiliki perangkat samsung lainnya misalnya Samsung TV (hanya tersedia pada beberapa produk smarpthone samsung).
  15. Sentuh tombol  Low Frequency untuk mendengar suara speaker depan yang terhubung ke telinga sewaktu menelpon.
  16. Sentuh tombol Barcode Emulator Test, memeriksa apakah fitur sensor barcode bekerja dengan baik. Di dalam fitur tersebut tersedia beberapa jenis code yang mampu dipindai (scan) oleh perangkat Samsung (hanya tersedia pada beberapa produk smarpthone samsung).
  17. Terakhir untuk memeriksa apakah fitur shaking (getaran, kocokan) dapat bekerja dengan baik ditandai layar On dari posisi sleep ketika perangkat di goyang tekan tombol Sensor Hub test.

Nah itu dia penjelasan kode samsung *#0*# (bintang pagar nol bintang pagar) sebagai General Test Mode pertama sekali membeli smartphone samsung. Selain kode tersebut ada beberapa kode samsung lainnya untuk melihat informasi lengkap sebuah smartphone samsung, sistem kontrol, testing perangkat keras, informasi jaringan, firmware dan service mode, factory reset dan juga kode samsung untuk debungging. Kode samsung dibawah ini berlaku untuk samsung galaxy s3, samsung galaxy s4, samsung galaxy s5 dan samsung galaxy s6.

Kode Samsung untuk Informasi Umum Smartphone

Kode tipe dan versi PDA : *#*#1234#*#*
Kode versi firmware software : *#*#1111#*#*
Kode versi firmware hardware : *#*#2222#*#*
Kode info software dan hardware : *#12580*369#
Kode versi Software dan Hardware : #*#8377466#
Kode IMEI: *#06#
Kode reset data user dan kode penjualan: *#272*IMEI#
Kode informasi telepon : *#*#4636#*#*
Kode status jaringan GSM yang digunakan : *#0011#
Kode data statistik penggunakan smartphone dari pertama sekali dibeli : *#*#4636#*#*
Kode detail H/W, RFCallDate : *#*#4986*2650468#*#*
Kode ROM versi produsen: *#*#44336#*#*

Kode Samsung untuk System Control

Kode kontrol USB I2C : *#7284#
Kode kontrol log USB : *#872564#
Kode konfigurasi GCF : *#4238378#
Kode kontrol audio loopback : *#0283#
Kode kontrol Menu GPS : *#1575#

Kode samsung untuk Tes Fitur dan Perangkat Smartphone

Kode tes sensor cahaya: *#0589#
Kode tes sensor proximity: *#0588#
Kode tes jaringan WLAN: *#*#526#*#*
Kode menampilkan mac address WIFI: *#*#232338#*#*
Kode tes GPS 1: *#*#1472365#*#*
Kode tes GPS 2: *#*#1575#*#*
Kode tes Bluetooth 1: *#*#232331#*#*
Kode tes Bluetooth 2: #*3888#
Kode diagnosa konfigurasi perangkat: *#9090#
Kode tes Layar LCD : #*#0*#*#*
Kode tes Layar sentuh LCD : *#*#2663#*#*
Kode tes audio dan melody: *#*#0673#*#*
Kode tes vibrasi dan cahaya : *#*#0842#*#*
Kode tes motor vibrasi : *#0842#
Kode waktu saat ini (real time mode) : *#0782#
Kode tes audio :*#0673#

Kode Samsung untuk Reset Samsung Galaxy

Kode reset ke setingan awal dengan konfirmasi awal : *#7780#
Kode reset setingan pabrik tanpa konfirmasi awal. Data akan hilang semua: *2767*3855# (Jangan tekan kode ini apabila tidak dibutuhkan)
Kode backup data: *#*#273283*255*663282*#*#*

Kode Samsung Galaxy S6

Kode Samsung Galaxy S5

Kode Samsung Galaxy S4

Kode Samsung Galaxy S3 Mini

Pencarian Paling Populer:

About Menara Langit

Tidak ada yang istimewa dari saya. Semua berawal dari kerja keras, kemauan tinggi, berfikir positif dan sedikit keberuntungan. Hard work Smart work. Sehari-hari mencari sesuap nasi di DUMAY