Home / Tutorial / Fungsi Cloudflare dan Cara Setting Cloudflare Agar SEO Friendly

Fungsi Cloudflare dan Cara Setting Cloudflare Agar SEO Friendly

Fungsi Cloudflare dan Cara Setting Cloudflare Agar SEO Friendly – CloudFlare adalah sebuah perusahaan berbasis di AS yang menyediakan layanan pengiriman konten dan sistem distribusi nameserver domain, bertindak sebagai reverse proxy untuk situs web. Cloudflare bekerja diantara pengunjung web dan penyedia hosting pengguna CloudFlare.

Fungsi CloudFlare

Teknologi yang digunakan oleh Cloudflare adalah teknologi Content Delivery Network, atau Content Distribution Network, atau biasa disingkat dengan CDN yang merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempercepat sebuah website ketika di akses oleh pengunjung.

Server CDN Cloudflare bekerja dengan mendistribusikan kontent yang ada pada sebuah website ke server-server lain yang paling dekat dengan pengunjung website. Ketika pengunjung mengunduh halaman blog waroong.net misalnya, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh.

sistemkerja cloudflare

Dengan kata lain ketika pengunjung dari indonesia mengakses sebuah website yang berada  di amerika, berkas atau artikel yang dikirim tidak lagi langsung dari amerika tapi bisa jadi dari server yang berada hongkong atau singapore sehingga memangkas waktu pengiriman, tentunya juga dengan cara setting cloudflare yang benar.

Sederhananya Fungsi Cloudflare adalah mempercepat akses website yang kita miliki sekaligus mem-melakukan penyaringan trafik yang menuju ke website kita. Dalam mem-filter trafik, Cloudflare melindungi, mempercepat dan meningkatkan ketersediaan sebuah website atau aplikasi mobile dengan perubahan DNS.

Cara Setting Cloudflare Agar SEO Friendly

Kenapa SEO friendly?? karena salah satu faktor optimasi website agar  lebih friendly dengan search engine adalah KECEPATAN. Nah… Cloudflare mencoba memberikan layanan tersebut untuk anda baik layanan gratis maupun premium. Layanan gratis aja udah yahud apalagi premium nya :D. Layanan CDN ini diperuntukkan untuk blog atau situs dengan DOMAIN TLD dan sangat bermanfaat untuk blog dengan status shared hosting yang kecepatan nya seperti siput. Untuk blog subdomain yang memakai blogspot, wordpress atau subdomain lainnya, layanan ini tidak bisa digunakan.

Cara Mendaftar atau Cara Register Cloudflare:

Ikuti langkah-langkah berikut

  1. Klik alamat cloudflare ini untuk menuju halaman resmi nya.
    cloudflare cdn and security
  2.  Klik “Sign Up Now” maka anda akan menuju halaman registrasi.
  3. Isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan.
    Cara Daftar Cloudflare
  4. Kemudian klik “create account now”
  5. Langkah selanjutnya isi nama domain website anda.
    nama website di cloudflare
    Update: tampilan baru cloudflarecara daftar domain di cloudflare
  6. Klik “add website”, maka cloudflare akan mulai melakukan scanning website anda. Tunggu sebentar dan setelah selesai klik “continue” dan anda akan dibawa ke halaman DNS Record.
    cloudflare scanning first timewebsite scan completed by cloudflare
  7. Periksa apakah DNS record anda sudah sama dengan yang anda miliki di cPanel.
    Configure DNS Record on cloudflare
    Update: tampilan baru cloudflare
    Cek DNS domain hasil scanning cloudflare
  8. Apabila sudah Ok maka klik “I’ve add all missing record, continue”
    default setting cloudflare
    Update: tampilan baru cloudflareFitur Premium cloudflare : Pro, Business CDN, Enterprise CDN
  9. Kemudian anda akan disugukan halaman “Update your nameserver”
    cloudflare nameserverUpdate: tampilan baru cloudflare
    Ubah Nameserver lama ke Nameserver Cloudflare
  10. Copy 2 (dua) alamat nameserver cloudflare yang diberikan kepada anda dan buka cPanel anda atau halaman dimana anda bisa mengganti nameserver website anda.
    nameserver idhostinger

  11. Rubah atau tukar 2 (dua) nameserver yang ada di hosting dengan nameserver yang telah diberikan oleh cloudflare. Hapus 2 (dua) nameserver setelahnya.
    nameserver cloudflare
  12. Klik OK dan kembali ke halaman cloudflare dan klik “I’ve update my nameserver, continue”
    cloudflare nameserver
  13. Anda akan disuguhkan halaman utama dari akun anda dengan sedikit kata sambutan dari yang punya rumah. Cek nameserver anda dengan memasukkan nama domain anda di who.is
    DNS checker tools
  14. Apabila belum terjadi perubahan atau website anda tidak bisa diakses, itu disebabkan oleh masa propagasi domain.  Pada dasarnya ketika anda mengganti nameserver domain anda, maka domain tersebut langsung terpointing ke hosting baru, namun karena sistem DNS internet anda belum mengetahui/update perubahan DNS tersebut maka seolah-olah domain masih mengarah ke hosting yang lama.
    Apalagi jika anda sudah mengakses domain tersebut ketika nameservernya belum dipindahkan, maka otomatis browser anda/komputer atau ISP anda masih menyimpan cache DNS yang mengarah ke hosting lama. Sehingga ketika anda mengarahkan nameserver ke hosting baru, cache DNS tersebut masih mengarahkan domain tersebut ke hosting lama. Di sisi client atau anda sebagai pengguna, anda bisa melakukan flush dns baik di perangkat yang anda pakai maupun router yang anda gunakan.cara flush dns di windowscara flush dns di mikrotikSedangkan flush DNS di penyedia layanan internet (ISP) anda harus menunggu perubahan nya minimal 1×24 jam.

 

Sekarang kita akan mulai melakukan settingan untuk cloudflare sesuai dengan kebutuhan website kita yang tentunya sesuai dengan judul artikel diatas yaitu SEO Friendly. Perlu diingat bahwa settingan ini harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda atau disesuaikan dengan settingan plugin yang telah ada.

Misalnya apabila anda sudah memiliki plugin SEO redirection maka smart error tidak dibutuhkan lagi. Kalo anda telah memiliki plugin limit login attempts maka apps keamanan yang disediakan di tab apps tidak dibutuhkan lagi. Settingan dari plugin WP super cache juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.  Intinya jangan ada fungsi plugin yang bertabrakan dengan apps atau setingan cloudflare.

Cara Seting Cloudflare Agar SEO

Cloudflare Security Settings

Ikuti langkah-langkah berikut

  1. Klik roda gerigi disebelah kanan bawah seperti yang terlihat pada gambar.
    cloudflare setting button
  2. Kemudian Klik tab “security setting”, untuk setting overview akan kita setting setelah security dan performance selesai kita setting.
  3. Security profile tinggalkan saja karena itu adalah settingan default. Nanti akan berubah ke custom setelah kita melakukan settingan opsi dibawahnya.
    Cloudflare security setting
  4. Advanced ddos protection khusus untuk member premium. Boleh anda setting kalo cloudflare anda premium.
  5. Basic Protection level pilih low untuk sementara. Apabila banyak penyerangan terhadap situs anda bisa anda naikkan levelnya.
  6. Challenge passage TTL pilih 45 menit sesuai arahan dari cloudflare. Artinya apabila IP pengunjung di curigai melakukan penyerangan ke situs yang dikunjungi maka akan diberikan CAPTCHA (an acronym for “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”) untuk memastikan yang berkunjung bukan robot penyerang tapi manusia dan diberikan 45 menit waktu kunjungan dan setelah itu akan diberikan CAPTCHA baru.
  7. Email Address Obfuscation pilih “ON” untuk memfilter email spamming dari robot namun tetap terlihat oleh manusia.
  8. Server side exclude pilih “ON” untuk menyembunyikan kontent dari pengunjung yang di curigai oleh mesin Cloudflare. Plihan ini perlu anda uji coba beberapa minggu untuk melihat apakah pengunjung anda terjun bebas atau menurun atau tidak terpengaruh sama sekali.
    Cloudflare security setting more SEO
  9. Browser integrity check pilih “ON” agar cloudflare bisa melakukan pengecekan terhadap http header. Fitur ini akan melihat perilaku buruk dari spammer yang menyalahgunakan http header menuju website anda dan akan menolak akses ke halaman tersebut apabila terbukti headernya nakal. Fitur ini juga memeriksa pengunjung yang tidak memiliki user agent atau non standar user agent (penyalahgunaan oleh bot, crawler atau pengunjung).  Biasanya user agent yang digunakan itu mozilla, chrome, googlebot atau sebangsanya, eh malah yang di bawa agent bola, agen koran dan agent gas 3kg, apa gak marah itu si cloudflare nya :D. Apabila kemudian fitur ini malah membuat website anda tidak bisa terbuka maka pilih opsi “OFF”.
    http header scanning result
  10. Hotlink Protection berfungsi untuk memastikan bahwa foto atau gambar yang tersimpan di hosting anda dengan nama url anda di pakai di website atau blog lain yang mengarah ke website anda tidak menguras bandwidth hosting anda. Dengan kata lain kalau ada yang copas gambar trus di pasangin di blog nya, situs kita gak tambah  berat. Saya memilih untuk menonaktifkan fitur ini agar lebih SEO. Apabila ada seseorang meletakkan url kita yang berisi foto atau gambar di blog nya, otomatis kan jadi backlink. Kalo fiturnya di aktifkan gambar yang tampil di blog nya jadi gak sempurna alias rusak.

 

Cloudflare Performance Settings

Ikuti langkah-langkah berikut

  1. Performance profile tinggalkan saja karena itu adalah settingan default. Nanti akan berubah ke custom setelah kita melakukan settingan opsi dibawahnya.
    Cloudflare Performance Setting
  2. Caching level pilih Aggresive. Apabila setelah pemilihan opsi agresif website anda malah ngambek maka pilih level di bawah nya dan dibawah nya lagi. Penyebabnya bisa karena tidak cocok dengan hosting atau tidak cocok dengan plugin atau tidak selaras dengan settingan plugin lain yang sudah ada di blog anda.
  3. Minimum Expired TTL adalah waktu minimal data yang sudah di cache di server cloudflare untuk tetap disajikan ke pengunjung. Dengan kata lain kapan cache tersebut expired.  Pilih opsi default yang disarankan yaitu 4 Jam. Nah..disini dibutuhkan pemahaman anda terhadap kinerja website anda. Artinya apabila anda sering melakukan perubahan tampilan atau banyak widget seperti yang saya miliki, 4 jam merupakan pilihan yang aman. Tapi website anda jarang diupdate atau tanpa banyak widget di website anda bisa menyimpan cache tersebut lebih lama. Nilai yang lebih tinggi memastikan loading blog yang lebih cepat ke pengunjung dengan resiko update yang lebih lambat ketika terjadi perubahan pada blog. Lakukan percobaan untuk memilih opsi yang paling sesuai.
  4. Auto Minify (Web Optimization), Fitur ini berfungsi untuk mengkompress ukuran javascript, css, dan kode html yang ada di website anda agar bisa loading dengan lebih cepat. Untuk memastikan settingan ini bisa berjalan sempurna dan cocok dengan script javascript, css atau html yang anda miliki, aktifkan ketiga fitur dan lihat website anda. Bagian mana yang mengalami error, biasanya script adsense. Kalau error coba nonaktifkan salah satu dan kemudian coba lagi atau nonaktifkan ketiga fitur sampai tidak error lagi.
  5. Rocket Loader (Web Optimization), namanya memang seperti fungsinya yaitu membuat web anda bisa loading secepat rocket. Dan terkadang saking cepatnya malah website anda gak loading-laoding,haha. Nonaktifkan fitur ini karena masih dalam tahap pengembangan dari developernya.

 

Cloudflare Settings Overview

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Security profile dan performance profile tinggalkan saja karena sudah berubah sesuai dengan kebutuhan anda seperti penjelasan diatas (custom).
    Cloudflare setting overview
  2. CACHE PURGE, ini adalah fitur yang akan sering anda gunakan. Setiap melakukan perubahan besar baik tampilan, plugin  atau perubahan artikel, anda bisa menekan tombol ini apabila ingin melihat segera perubahan yang terjadi. Cache purge artinya membersihkan cache lama dan memasukkan yang baru. Setiap melakukan cache purge, anda juga wajib melakukan cache clean di plugin cache yang anda miliki di website anda (apabila ada) supaya sinkron data yang ditampilkan.
  3. Development mode di nonaktifkan, kecuali anda paham benar apa yang akan anda lakukan dengan mode ini.
  4. Automatic IP versi 6 atau IPv6 secara default adalah Full/On. Fungsinya untuk sinkroninasi dengan server atau alamat web yang memiliki IPv6.
  5. Pseudo IPv4 berfungsi untuk melakukan penterjemahan IPv6 ke IPv4. Pada sebahagian server menginginkan header dari pengunjung dalam bentuk IPv4 atau pada server yang belum mendukung IPv6 maka fitur ini akan bekerja melakukan acting seolah-olah menjadi IPv4.
    Contoh Pseudo
    Example IPv4 address: 104.16.0.1
    Example IPv6 address: 2400:cb00:f00d:dead:beef:1111:2222:3333waroong.net IPv6 example
  • Fitur Pseudo IP6 tersedia dalam 3 (tiga) pilihan yaitu OFF, Add header dan Overwrite headers. Dimana Add header berfungsi menambah “Cf-Pseudo-IPv4” di dalam header tapi membutuhkan software tertentu untuk parse ke IPv4.
  • Sedangkan fitur Overwrite headers, akan melakukan perubahan/mengganti “Cf-Connecting-IP” dan “X-Forwarded-For” menjadi “Cf-Connecting-IPv6” tanpa membutuhkan software.
  •  Always Online artinya website kita akan selalu online walaupun server down untuk beberapa saat. Tampilan website anda disediakan dari cache cloudflare server.
    cloudflare setting overview for more seo
  • Ip Geolocation berfungsi untuk memberikan IP real visitor kepada anda. Dari beberapa diskusi yang saya baca dan ikuti, ada beberapa kekhawatiran dari para pengguna cloudflare yang memasang iklan adsense google.  Karena Cloudflare berfungsi sebagai reverse proxy server, IP yang diberikan oleh proxy adalah IP dimana proxy tersebut berada tapi dengan menggunakan mod_cloudflare maka IP yang ditampilkan bukan IP proxy melainkan IP asli visitor. Anda akanmembuthkan API CLoudflare untuk pemasangan plugin cloudflare di wordpress.
    API cloudflare for real IP Adress visitor
    cloudflare API for real visitor IP address
  • Opsi Google Analytics akan kita setting kemudian setelah semua dari opsi setting overview selesai.
  • SSL mengindikasikan seberapa aman website anda untuk di akses. Semakin aman maka semakin tinggi reputasi website yang pasti akan berpengaruh ke SEO. Cloudflare menyediakan 4 (empat) opsi yang bisa anda gunakan. Untuk sementara anda bisa memilih FLEXIBLE SSL karena settingan ini adalah set paling mudah dan cepat. Anda tidak perlu melakukan settingan SSL di hosting. TAPI apabila anda memiliki settingan SSL di hosting maka FULL SSL adalah settingan yang saya sarankan. Semakin tinggi level settingan SSL maka reputasi web anda akan semakin bagus pula di mata search engine.
    ssl level setting on cloudflare
  • Opsi Mobile Redirect untuk kelas premium. Anda bisa memisahkan alamat urlweb dan alamat url mobile dengan opsi ini. Sama hal nya ketika kita mengakses facebook dari desktop, smartphone atau dari cellphone, alamat url facebook yang kita akses tentunya berbeda tergantung platform.

 

Cara Setting Apps di Cloudflare

Pilih beberapa aplikasi sesuai dengan kebutuhan

Setelah 3 (tiga) settingan diatas selesai, kita akan kembali ke tampilan hompepage untuk masuk ke setingan aplikasi.
leverage browser caching
Saya menggunakan beberapa aplikasi yang saya sesuaikan dengan kebutuhan saya dan tentunya untuk menambah performa SEO website:

setup apps on cloudflare

  1. Google Analytics
  2. Google Webmaster Tools
    google tools integrated on cloudflare
  3. ScrapeShield
  4. SmartErrors
    SEO custom 404
  5. Swiftype Search
    custom search seo
  6. Trumpet
  7. Dan beberapa aplikasi bermanfaat lainnya
    Cloudflare seo applications

 

Pemilihan aplikasi tersebut diatas, selain untuk pertimbangan SEO juga mempertimbangkan dengan plugin yang telah saya gunakan. Untuk masalah keamanan saya tidak lagi menggunakan aplikasi yang diberikan cloudflare tapi memakai service external dari perusahaan security.

Hal yang PENTING untuk di INGAT bahwa anda harus selalu melakukan CACHE PURGE baik di Cloudflare maupun di plugin yang anda miliki apabila anda melakukan perubahan settingan atau perubahan artikel.

Apabila anda ingin bertanya mengapa 6 aplikasi itu yang saya pilih dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, anda bisa meninggalkan komentar di kolom komentar yang telah saya sediakan.  Saya akan senang sekali menjawab pertanyaan anda.

UPDATE : Tampilan Baru Dashboard CloudFlare

Tampilan CDN Cloudflare hari ini mungkin sangat berbeda dengan screenshoot yang telah saya tampilkan diatas. Namun secara umum, settingan tampilan baru ini sama saja dengan yang lama hanya letaknya saja yang berbeda.

New CloudFlare Dashboard

Semua penjelasan diatas kita fokuskan untuk tujuan SEO dengan sedikit atau less SECURITY, tentunya ada PRO dan KONTRA mengenai settingan saya atau bahkan cloudflare itu sendiri. Tapi secara pribadi saya membuktikan kepada anda melalui screenshot yang ada.
Google analytic Dasboard Original IP Country
Memang tidak ada yang sempurna. Semua tergantung Anda. Terima Kasih telah berkunjung.

Lihat juga informasi lain.

Pencarian Paling Populer:

About waroong.net

  • atri yuanda

    thanks ilmunya

    salam kenal admin kumpulankonsultasi,com

  • Dimas Aldrian

    Saleum, mau tanya. Kalau nameserver di add (bukan di ganti) apa akan sama efeknya? Karena website saya sedang kena DDOS, kemarin down.

    Dari who is, terdetek cloudfllare nya, tetapi dari akun cloudlarenya dibilang belum ada perubahan nameservers.

    • Jangan di add mas tapi ditukar sesuai dengan arahan atau manual dari cloudflare. Oya, down itu punya beberapa penyebab mas, tidak selalu karena ddos. Terkadang down bisa jadi karena,
      1. Salah settingan di cloudflare maupun cPanel nya
      2. Bandwidth nya limited. Jadi ketika pengunjung datang gerombolan, server gak sanggup nampung.
      3. Banyak robot crawler datang sekalian, gak ngantri
      4. Terakhir ya bisa jadi sengaja di Ddos.

      • Dimas Aldrian

        karena lagi dalam verifikasi adsense,hehe. Kemarin sudah di change, tetapi karena perubahan DNS jadi gk bisa dibuka, dan adsense nya dibilang failed. Ok deh, rencana nanti ketika sudah diterima adsense akan di change nameservers nya, hhe.

        Kalau ini, memang DDOS mas. Karena 10Gb lebih bandwidth dimakan. Makasih mas ilmunya, nanti kalau ada apa-apa lagi boleh dong tanya-tanya? hhe.

  • sama-sama mas. Terimakasih telah berkunjung.

  • makasih bang..sangat membantu atas penjelasan jih bang..

  • mas saya sudah setting dengan benar, tapi kok kalo blog saya cek belum ada https nya ya??

    • Bagian Crypto-nya apa-apa saja yang sudah di aktifkan mas?? Trus settingan Page Rules-nya seperti apa yang sudah mas buat??

      • SSL (with SPDY) = Flexible
        Active certificate

        Always uses https

      • flexibe active certificate

        Always uses https

        • mas memakai wordpress atau blogspot??nama blognya apa mas?? mungkin ada url yang masih http.

          • kasurnet[dot]com

          • ya mas bagian siteurl saja yang diisi dengan:
            https://domain
            sedangkan homenya tetap http

          • apa harus diganti bagian Site Address (URL)

          • Site Address (URL)??maksudnya gimana mas??

          • yang bagian setting general wordpress mas.

          • yang bagian setting general wordpress mas.

            Apa perlu konfigurasi di Cpanel juga ya mas.?

          • Di cpanel gak saya konfigurasi mas..cuma saya tambahkan kode redirect di htacess

  • Hendry Risjawan

    mas, apakah ada perbedaan yg signifikan (mis speed) antara menggunakan name serve dr cloudflare dgn yg dr hosting. saran mas pakai yg mana? tks.

    • Tentu ada mas. Karena CDN itu kan fungsinya mempersingkat jarak/waktu antar server dengan end-user. Tentunya untuk mendapatkan perubahan signifikan harus juga memperhatikan faktor penggunaan plugin (utk CMS WP), dan juga faktor hardware server dimana situs tersebut berada.

      • Hendry Risjawan

        Tks mas ars infonya. Dgn dashboard baru cloudflare sy mengalami kesulitan mencari menu utk membuat name server. Apakah mas tahu dimana menunua? Tks

        • Membuat NS??
          Apakah yang dimaksud adalah yang ini mas??

          Untuk melihat NS clik icon DNS. Nanti akan kelkuar informasi DNS management berikut NS cloudflare-nya.

          • Hendry Risjawan

            iya mas, utk create DNS cloudflare.
            betul spt yg digambar mas, dan sy sdh ikuti langkah mas, namun di dashboard cloudflare sy tdk ada, yg ada hanya DNS record (mengarah ke webhosting), IPV6, IPV4. jadi sy tdk bisa menggunakan DNSnya Cloudflare.
            tks mas

          • Hmm..kok bisa ya mas. Seharusnya itu ada dan memang wajib ada. Soalnya cloudflare baru bisa digunakan apabila NS cloudflaredi ganti di pengaturan NS hosting dari sebuah situs.

            Saya jadi penasaran. Apakah scanning yang dilakukan oleh cloudflare ketika pertama kali mendaftarkan domainnya sudah / telah berlangsung dengan sempurna? atau mungkin bisa diulangi pendaftaran situs tersebut.

          • Hendry Risjawan

            akhirnya sy coba ulang, ternyata NS tsb di dpt jika kita :
            – mengaktifkan lsg di cloudflare, namun di cpanel cloudflare tdk menyala.
            – jika mengaktifkan mll cpanel, maka NS di Cloudflare tdk tampak, jd menggunakan NS dr hosting.
            – jika mll cpanel menu Cyripto tdk aktig, hanya aktif jk mendaftar lsg di cpanel

          • wah kenapa bisa jadi rumit gitu yah?? hehe. Berarti cPanel nya memiliki fitur cloudflare juga ya bos??

          • Hendry Risjawan

            iya mas, byk webhosting skrg sdg partner dgn cloudflare, jd di dlm cpanelnya ada menu cloudflare. dan ternyata sy dpt kirimkan info dr cloudflare, jk webhostingnya sdh ber mitra dgn mereka tdk perlu setting NS dr cloudflare lg.

          • nah kalo gitu bukannya rumit malah tambah mudah karena sudah terintegrasi langsung. Hehehe.Mantab

  • yondelonge

    penjelasannya rinci banget, tapi ane bingung mas dengan tampilan cloudflare yang baru

    • Bingungnya dibagian mana mas..?? Pada dasarnya memiliki fungsi yang sama..mungkin karena letaknya berbeda jadi agak bingung mengikuti panduannya ya??

      • yondelonge

        ok makasih mas atas penjelasanya, misalnya kl settingannya di biarkan default dari cloudflare aja gmn mas..?

      • yondelonge

        saya sudah berhasil mengaplikasikannya sampai ganti NS dan sudah berhasil mas, yg masih bingung adalah tahap setting berikutnya, dan gmn caranya agar blog ane bisa berprotokol https seperti waroong[net]

        • utk settingan berikutnya mas dapat mengikuti panduan setingan yang telah ada (tampilan lama), namun letak settingan harus dilihat pada tampilan baru.

          Yang perlu diperhatikan adalah apabila mas menggunakan setingan plugin cache seperti wp super cache maka lakukan ujicoba pada setingan cache cloudflare..apakah cocok apabila di centang semua opsi atau hanya cocok di centang 1 atau 2 opsi saja.

          utk https perlu diketahui bahwa website tidak akan bisa diakses dari browser chrome dan IE windows xp dan juga dari opera browser di android.

          untuk screenshot tampilan baru cloudflare akan saya update segera.

  • Mahatamtama Arya Farabi

    Hallo Mas, hmm kalau kita menggunakan ssl dari comodo apakah ssl nya bakalan tumburan sama cloudflare? thx

  • boleh juga gak papa…nanti apabila dirasakan perlu perubahan baru dirubah sesuai dengan keinginan

  • salam mas gan, memang betul sih dengan cloudflare website jadi super cepat, namun juga kadang sering error meskipun pakaiyang premium

    • wah komik ya..ntar saya singgah ya hehehehe

    • Pengalaman yang sering saya alami adalah error pada server hosting kita karena :
      1. Ram kecil
      2. Banyak plugin terinstall
      3. Bentrok dengan pengaturan plugin cache yang sudah ada
      4. plugin security

      atau bisa jadi error karena settingan cloudflare yang terlalu ketat.

  • Muhammad Iqbal Putra

    mas kalo blog punya iklan lain atau google adsense ada masalah apa gak kalau pasang CDN cloudflare ? ataukah perlu setting2 yang lain ?

    • gak masalah mas..emang ada pernah dengar isu2 apa mas??

  • i was surprise you are able to read it in bahasa indonesia. :)

  • Mas, kalau pakai cloudfare, visitor harus masukin chaptha dulu ya? atau hanya untuk yg free akun cloudfare saja?

    • Coba lihat di bagian firewall, security level set low, Challenge Passage set 5 menit aja.

  • ok, barusan saya mengikuti panduan dari halaman ini, cuma ada beberapa langkah yg saya lewatkan, yg baru saja saya lakukan pemasangan cloudflare saya jalankan melalui apps hosting di hawkhost. pertanyaanya apakah nanti domain saya bisa diakses dengan https?

    saya bookmark halaman ini untuk besok seandainya ada jawaban. terimakasih

  • gak perlu mas

  • semoga blog nya ramai pengunjung ya mas..amin

  • hajar gan…kalo artikel tentang kelebihan dan kekurangannya banyak kok yang bahas.