Home / Tutorial / Cara Mudah Masuk Halaman 1 Google

Cara Mudah Masuk Halaman 1 Google

Semua yang memiliki blog atau website pasti menginginkan artikel atau blog nya masuk halaman 1 google, YA atau TIDAK??. Saya yakin 100% YA dan hal tersebut adalah tujuan kita berada disini dan tujuan anda membaca artikel ini. Selain masuk halaman 1 dari  search engine, kita juga ingin melihat blog kita berlari kencang meninggalkan para saingan kita jauh dibelakang, iya kan? Mari kita lihat beberapa contoh artikel saya di halaman pertama 10 besar walaupun bukan ranking 1 google, setidak nya sampai dengan artikel ini terbit (anda bisa melihat tanggal terbit artikel diatas). Anda bisa mengetikkan kata kunci dibawah ini di mesin pencarian google :

  • setting cloudflare seo friendly
  • kualitas suara vibe x2
  • cara pasang apn internet
  • cara seting internet
  • meta tag lengkap
  • cara setting meta tag
  • rahasia fokus keyword
  • Rahasia Focus Keyword agar SEO Friendly
  • meningkatkan trafik blog untuk pemula
  • contoh artikel halaman pertama
  • cara setting webmaster
  • filosofi adsense
  • trafik dari google plus
  • mendapatkan ribuan trafik

Ok, sekarang mari kita lihat faktor apa saja yang membuat para search engine kelas besar seperti gooogle, bing dan yahoo menginginkan artikel atau blog kita menjadi juara. Saya akan membagi faktor penting ini menjadi 3 (tiga).

  1. Faktor manusia atau pembaca atau pengunjung blog.
  2. Faktor search engine atau robot yang melakukan penggalian ke artikel kita.
  3. Faktor keyword (pengunjung + search engine)

A. Faktor Pembaca Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Google

Faktor ini berhubungan dengan kualitas konten atau artikel yang bernilai jual tinggi. High Quality Content merupakan kontent yang asli tanpa copy paste, memiliki tujuan, bermanfat dan memiliki informasi uptodate atau terbaru.

Para pengunjung tertarik untuk membaca, ingin melihat lebih lama dan akhirnya mau membagikan artikel atau konten tersebut ke berbagai tempat. Akhirnya masuk halaman 1 google pun akan lebih gampang. Apa saja faktor yang membuat sebuah artikel mampu menjadi High Quallity Content dan bertengger di halaman 1 google?

  1. Artikel Yang Baik Sesuai Harapan

    Ketika anda mengunjungi halaman blog saya dan membaca artikel ini, tentu anda berharap akan menemukan sesuatu hal yang baru bagi anda. Setiap kata atau kalimat yang saya tulis harus bermakna dan mudah dipahami oleh anda sebagai pengunjung.

    Menurut “SearchMetric”, algoritma google mampu mengenali kontent yang bagus, relevan dan berkualitas. Jadi fokus dalam membuat sebuah artikel adalah untuk pengunjung, bukan untuk robot crawler.

  2. Minimal Panjang Konten atau Artikel

    Hampir semua situs-situs top ranking memiliki setiap kontent yang berisi lebih dari 900 kata per artikel. Dari sudut pandang SEO, jumlah kata yang disarankan adalah 2000 – 2450 kata per artikel. Sedangkan dari sudut pembaca, idealnya adalah 1600 kata per artikel.

    Saya menyarankan anda bermain di range 2000 kata per-artikel. Artinya dengan jumlah tersebut diharapkan pembaca tidak bosan dengan ocehan kita dan robot pun senang karena memenuhi angka minimal persyaratan High Quality Content Halaman 1 google.

    Perlu di ingat bahwa artikel panjang bukan berarti berbelit-belit. Kita harus kembali ke point pertama (Sesuai Harapan) untuk memahami dan memaknai panjang kontent artikel yang benar.

  3. Gambar dan Video

    Kontent yang memiliki gambar dan video akan lebih di sukai oleh pembaca. Setiap kalimat yang kita tulis akan dilengkapi oleh gambar, foto maupun video sehingga pembaca mampu memahami apa yang sedang kita bicarakan. Menurut “SearchMetrics”, website ranking atas rata-rata memiliki 7 gambar per halaman.

  4. Ejaan standar yang benar untuk blog

    Pengunjung blog kita datang dari berbagai kalangan. Walaupun fokus pengunjung kita adalah remaja misalnya, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga ingin menggali informasi di situs atau dari artikel yang kita tulis.

    Kalimat 4L4y sebisa mungkin di hindari, setiap kata tidak boleh disingkat karena pengunjung akan langsung berpindah website lain yang ada di halaman 1 google ketika kalimat penjelasan kita terlihat hancur berantakan.

    Search engine memiliki kosa-kata baku yang berjumlah milyaran (Big Data) sebagai pembanding dari kata yang kita tuliskan. Jadi usahakan selalu membaca setiap kalimat artikel anda sebelum diterbitkan.

  5. Kalimat Blog Harus Jelas

    Setiap kalimat di lengkapi dengan titik koma yang sesuai untuk menghindari kesalahpahaman dari pembaca. Kalimat tidak terlalu panjang sebelum tanda titik berhenti, sehingga pembaca tidak kehabisan nafas untuk memahami apa yang kita ceritakan.

  6. Format Artikel di Blog

    Menurut “Nielsen”, para pembaca selalu melakukan scanning ketika melihat artikel kita. Pembaca tidak akan langsung membaca kata perkata atau kalimat perkalimat. Mereka tidak ingin menghabiskan waktu nya untuk artikel yang tidak bermanfaat atau susah dimengerti.

    Jadi biasanya pengunjung akan melihat dari atas dimulai dengan judul kemudian melihat kalimat yang bercetak tebal atau langsung ke tengah halaman, melihat gambar dan mencari kata kunci yang diperlukan dan langsung ke halaman akhir.

    Agar para pembaca mampu memahami apa yang kita tulis dalam waktu singkat, buatlah  kerangka halaman atau kerangka karangan. Di blog kita mengenal nya dengan istilah H1, H2,H3 ditambah dengan point-point.

  7. Keahlian

    Ketika anda menuliskan artikel tentang bagaimana cara membuat bakso yang enak, anda harus bisa membuktikan nya. Bukan berarti harus keluar aroma bakso dari sebuah artikel :D, pembuktian nya bisa jadi sebuah data trafik penjualan bakso anda atau testimony dari para pembeli.

    Untuk artikel tentang Custom Rom Android misalnya, lengkapi penjelasan custom rom dengan screenshoot cara instalasi langkah demi langkah, pembuktian hasil instalasi berikut saran-saran untuk jenis android apa saja bisa yang cocok dengan custom rom tersebut.

    Hal tersebut penting untuk meyakinkan para pembaca bahwa tutorial yang kita berikan sesuai dengan harapan mereka dan tentunya mereka akan ingin berkunjung kembali ketika kita mengupdate artikel terbaru.

  8. Media Sosial

    Saat ini, media sosial merupakan faktor yang sangat penting untuk perkembangan blog atau artikel kita. Semakin banyak media sosial yang membicarakan artikel kita maka semakin mudah artikel tersebut naik ke halaman 1 google. Penting untuk di pahami bahwa setiap artikel yang kita share selalu relevan dengan komunitas media sosial tersebut.

    Apabila tidak relevan maka akan dipahami oleh mesin pencari sebagai spamming.  Biasanya kontent atau artikel yang bagus akan lebih banyak dishare oleh para pengunjung blog.

  9. Faktor Eksternal dan Internal link

    Eksternal link merupakan link keluar dari halaman kita untuk menguatkan apa yang sedang kita bicarakan dalam artikel tersebut. Misalnya saya memakai acuan searchmetrics sebagai data rujukan, tentunya anda ingin tahu apa dan siapa mereka. Untuk memudahkan anda, saya membuat link ke situs mereka searchmetrics.com.

    Internal link merupakan link dari artikel kita yang lain dan relevan dengan artikel yang sedang kita bicarakan. Misalnya artikel saya yang lain yang sangat relevan dengan artikel ini adalah artikel meningkatkan trafik blog.

    Fungsi eksternal link sebagai bahan acuan atau rujukan sedangkan internal link sebagai penjelasan tambahan untuk menguatkan argumen kita dalam artikel yang sedang dibicarakan.

  10. Komentar Pembaca

    Komentar pembaca menjadi salah satu acuan pengunjung lain ttg seberapa ramai artikel tersebut di baca. Walaupun tidak dapat menggambarkan sepenuhnya trafik pengunjung blog tapi paling kurang ada kesan yang didapatkan dari pengunjung lain tentang keahlian dan keramahtamahan author ataupun aktifitas blog tersebut.

B. Faktor Search Engine Agar Artikel Masuk Halaman 1 Google

Terkadang ketika pembaca dari golongan manusia mampu memahami artikel kita dengan benar, belum tentu pembaca dari golongan robot bisa menterjemahkan dengan mudah artikel kita ke dalam perhitungan algoritma nya. Pada kondisi-kondisi tertentu mungkin bisa, namun dengaan jadwal kunjungan ke milyaran artikel tentunya robot hanya akan mengunjungi artikel kita dalam beberapa milidetik saja.

Untuk artikel yang sulit di pahami oleh robot atau membutuhkan waktu lama, akan di tinggalkan dan menunggu giliran setelah milyaran artikel di kunjungi. Sehingga kemungkinan artikel untuk bisa masuk halaman 1 google akan lebih kecil ataupun lebih lama.

Berikut adalah 14 faktor seo friendly untuk search engine agar artikel kita bisa masuk ke halaman 1 google.

  1. Judul Blog SEO

    Judul adalah faktor pertama yang menjadi alasan kenapa pengunjung datang ke blog kita. Bagi search engine seperti google, judul juga merupakan syarat mutlak agar artikel bisa dianalisa apakah layak masuk halaman 1 google atau tidak. Teknologi tersedia berkat kepiawaian Ray Kurzweil, Direktur Engginer Google yang memfokuskan Machine Learning and Language Processing. Google search engine tidak akan menanggapi judul yang tidak serius dan mencoba menipu pembaca. Jadi kita harus benar-benar serius untuk membuat judul.

  2. Ide utama

    Pastikan bahwa isi utama artikel di sebutkan di judul dan paragraf pertama artikel anda dan dijelaskan secara gamblang pada paragraf-paragraf berikutnya di dalam artikel.

  3. Paragraf pertama yang berkesan

    Tentu kita ingin membuat para pembaca terkesan dan ingin terus membaca artikel kita bukan?? Kalau memang iya, berarti tinggalkan kesan yang indah di paragraf pertama. Kesan ini juga akan di tangkap oleh mesin pencari. Algoritma update terakhir dari google hummingbird sangat menyukai paragraf pertama yang berisi kalimat pertanyaan dan sekaligus jawaban singkat.

  4. Gunakan Huruf Cetak Tebal

    Setiap penekanan kata atau kata-kata yang sangat penting dalam artikel kita harus di Bold (cetak tebal atau italic (cetak miring), termasuk pada keyword dari artikel kita. Penekanan kata atau kalimat akan memancing mesin pencari untuk menggali artikel kita. Ada batasan-batasan kata yng diberikan huruf cetak tebal. Terlalu banyak bercetak tebal dapat di anggap spamming oleh robot. Jadi kita harus cerdas dalam memilih kata cetak tebal (bold) yang tepat.

  5. Gambar yang sesuai dan menarik

    Gambar mewakili seribu kata dalam tulisan. Mungkin itu adalah kalimat yan tepat untuk mewakili kata “menarik dan relevan”. Tidak hanya untuk manusia tapi juga sekaligus untuk robot search engine. Terkadang dengan gambar atau foto dapat mewakili keseluruhan dari artikel yang panjang dan untuk robot anda harus menjelaskan nya dalam alt tag image. Jadi dalam setiap gambar isikan keyword yang mewakili artikel anda.

    contoh alt image

     

  6. Sub Heading Blog

    Sub Heading atau kerangka karangan adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis. Rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur dan teratur untuk mempermudah penulisan agar tetap terarah. Pembuatan kerangka karangan ini sangat penting, agar mesin pencari dapat dengan cepat menyimpulkan artikel kita apakah sesuai dengan kata kunci yang di cari oleh pengunjung.

    halaman 1 google

     

  7. Link Sumber

    Link sumber untuk search engine mengindikasikan bahwa artikel kita bukan bualan apabila artikel tersebut berisi hasil penelitian atau white paper atau solusi penyelesaian masalah. Kalo isi nya puisi mah gak harus ada link sumber. 😀

  8. Kalimat Blog SEO

    Usahakan kalimat yang kita tulis itu tidak terlalu panjang sebelum tanda titik. Misalnya:

    Contoh yang buruk:
    Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

    Contoh yang baik:
    Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan. Peningkatan tersebut dilakukan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

  9. Paragraf Blog SEO

    Mesin Pencari Google memiliki kecerdasan buatan yang bisa memahami kemampuan manusia dalam membaca. Ketika kita menyajikan paragraf yang sangat panjang maka google juga menandainya dengan kualitas yang buruk dari segi penyajian walaupun isi nya penting. Faktor ini juga bisa membuat kita tidak bisa tampil di halaman 1 google.

  10. Gunakan bullet pointContoh: Apabila anda ingin mengetik produk-produk google dalam bentuk paragraf seperti ini, google search engine, google translate, google adsense, youtube, blogspot atau blogger dan lain-lain.Sebaiknya kita mengetikkan dalam bentuk bullet point. Lihat contoh:
    Produk-produk google:

    • google search engine
    • google translate
    • google adsense
    • youtube
    • blogspot atau blogger
    • dan lain-lain
  11. Internal link SEO

    Internal bermanfaat sebagai backlink untuk artikel-artikel baru. Ketika mesin pencari melakukan crawling halaman artikel yang memiliki peringkat bagus, artikel lain yang tercantum di dalam nya juga ikut terangkat.
    Contoh: saya akan membuat internal link disini yaitu Rahasia SEO. Ketika anda klik maka akan menuju artikel lain yang berada di blog ini.

  12. Berikan icon share

    Apabila anda mengarahkan mouse anda ke gambar di artikel saya maka akan muncul icon pinterest untuk memudahkan anda berbagi gambar tersebut ke pinterest. Paling akhir dari artikel ini juga saya letakkan icon share yang lebih lengkap. Icon share punya jenis dan letak yang beragam. Di artikel saya yang lain, icon saya letakkan tepat di samping artikel seperti di waroong tutorial.

  13. Ping artikel anda

    Agar search engine dapat dengan mudah dan cepat mengenali artikel kita, ping artikel sebaiknya dilakukan. Jadi kita tidak harus menunggu para robot untuk datang ke tempat kita. Tapi ingat jangan terlalu sering menge-ping url anda karena bisa dianggap spamming.

  14. Seting Meta Tag dengan benar

    Settingan Meta Tag sangat penting. Meta tag akan mewakili keseluruhan artikel kita di hadapan search engine.  Mesin pencari memerlukan informasi keyword dan deskripsi artikel kita untuk mencocokkan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung di mesin pencarian. Mengenai meta tag saya jelaskan di halaman cara pasang meta tag. Halaman tersebut khusus untuk blogspot, sedangkan untuk wordpress saya memakai plugin YOAST. Apabila ada yang ingin melihat settingan yoast milik saya tinggalkan request di kolom komentar. Nanti saya buat artikel khusus tentang plugin tersebut.

C. Faktor Keyword yang Benar (Pengunjung + Search Engine)

Faktor yang saya maksudkan diatas adalah keyword yang di ketikkan oleh pengunjung di mesin pencarian google. Sebelum membuat artikel, pastikan kata kunci apa yang paling banyak di cari, lihat caranya di artikel keyword planner. Ini adalah kolaborasi pengunjung dengan search engine. Ketika pengunjung mencari sesuatu di search engine dengan mengetikkan kata atau kalimat tertentu, maka kata-kata tersebut akan disimpan oleh search engine untuk kembali di persembahkan kepada pengunjung lain. Hampir mirip dengan auto correct.

Jadi strategi membuat konten yang bagus itu di mulai dan berakhir di dalam pikiran pengunjung. Misalnya kita buat artikel bakso urat enak sekali. Kemudian, nun jauh di negara ntah berantah seorang pengunjung mengetikkan kata-kata di mesin pencarian adalah sebagai berikut:

  • bakso enak rasa gajah (hahaha)
  • gajah mirip bakso
  • bakso untuk gajah
  • bakso badak vs bakso gajah

Itu adalah contoh pikiran pengunjung dan hasil yang muncul di mesin pencarian halaman 1 google adalah artikel tentang bakso atau bisa jadi website rumah sakit jiwa untuk pengunjung tersebut, huahahaha.

Dari hasil pencarian kita bisa melihat kata kunci yang paling banyak dicari dan itu bisa kita manfaatkan sebagai kata kunci di artikel kita. Biasanya semakin banyak dicari maka kata kunci tersebut akan memiliki saingan artikel yang banyak pula. Karena semua orang  berebutan di halaman 1 google dengan kata kunci tersebut. Jadi buatlah judul artikel yang unik tapi tetap dengan kata kunci yang paling banyak di cari seperti contoh bakso diatas. Lihat gambar di bawah ini:

contoh keyword hasil pencarian di google

Agar artikel anda bisa memenangkan persaingan di halaman pertama google, anda juga harus mempersiapkan kata kunci yang tepat serta backlink yang kaya akan pilihan kata supaya semua ketikan kata kunci yang dilakukan oleh pengunjung di mesin pencari bisa menuju blog kita. Untuk pembahasan backlink dan keyword yang tepat saya jelaskan di artikel saya yang lain yaitu:

  1. Long tail keyword
  2. Keyword Density
  3. Backlink yang baik dan benar
  4. Cara menulis artikel seo

Nah, dari point-point yang ada diatas saya rasa anda sudah siap bertarung untuk menuju halaman 1 google. Hal-hal lain yang belum saya jelaskan disini dapat anda lihat pada artikel saya yang lain dari link-link yang ada pada setiap penjelasan per-point.  Selamat mencoba dan saya akan senang sekali apabila anda meninggalkan komentar anda setelah membaca artikel ini. Terima kasih.

Lihat juga tutorial lain.

Pencarian Paling Populer:

About waroong.net

  • keren om,,kayaknya belom baca sampai abis yang ini,,mau bookmark dulu 😀

    • silahkan di bookmark om..ntar baca nya sambil praktek 😀

      • hehe ok ok om… oiya om mau tanya mlenceng dari topik,, kalau bikin kayak gambar dibawah udah ada tutorialnya belum?? saya ubek2 bi blognya gak ketemu xixixii..

        • minta maap om kalo baru saya balas neh. Untuk tutorial tersebut blom sempat saya buat. Nanti coba saya tulis saja di forum diskusi biar enak tanya jawab. soalnya agak sedikit teknis. jadi kalo ada permasalahan bisa langsung kita diskusi disitu.

          Terimakasih mas udah memberi ide bagus untuk diskusi selanjutnya.

      • ah gak enak di bookmark ,,, enak nya di ctrl + S aja,,,
        biar bisa belajar offline 😀

  • Sozui Narahasi

    Mantab Om…

  • Makasih suhu, bermanfaat banget artikelnya..

    saya ada pertanyaan nih, sy sudah coba buat artikel yang berkualitas untuk salah satu keyword yg saya fokuskan. sudah lebih dari 20 artikel saya buat, tapi yang muncul di page one itu artikel (dengan focus keyword yg sama) yang isinya cuma satu paragraf, dan tulisannya sama sekali ga nyambung. Ada beberapa yg masuk page one, tapi tetep di urutan pertama blog yg ngaco itu. Ada masukan ga suhu?

    • hmm..coba buat internal link.

      Misalkan:
      A : artikel Jagoan anda dan berkualitas
      B : artikel berkualitas
      C : artikel biasa (bukan artikel jagoan)

      Jadi:

      On Page
      Di artikel B tarok link artikel A .
      Di artikel C tarok link artikel B.

      Di A jangan tarok link artikel B dan C
      Artikel A centang opsi sticky (tetap di homepage-wordpress)

      Off Page

      Cari backlink untuk artikel A dengan variasi anchor keyword di website dengan PA dan DA yang tinggi.

      Periksa blog ngaco itu backlinknya dari mana. Terus tanam backlink artikel A juga di sumber BL blog tersebut.

      Alirkan backlink ke artikel B dari media sosial
      Alirkan backlink ke artikel C dari blog anda yang lain

      Terakhir
      Beri Komentar di blog ngaco tadi..tarok link artikel A. kalo ndak lulus ya tarok link domain. Karena artikel A di sticky maka kekuatannya backlink dari blog tersebut masuk ke domain dan akan di alirkan ke artikel A.

  • yang saya bingung nih boss,setelah saya posting artikel website saya malah turun berhari-hari baru nanti kembali lagi ke halaman semula,kenapa ya?
    Salam dari filter air Dr.toya

    • coba cek apakah sitemap mengalami error? apakah robots.txt melakukan pemblokiran terhadap file tertentu? Apakah artikel anda dicuri?

  • Web saya yang news 1 minggu ini 2x kena malware kenapa ya? sebelumnya habis di banned adsense setelah 2 kali di disable.

    sedangkan web lain saya untuk jualan dan artikel biasa tapi saya masih bingung bagaimana cara bisa menajadi yg ada dihalaman 1 SE Google

    tq

    • webnya memakai self-hosting atau numpang misalnya blogspot?? kalo self-hosting mungkin ada virus berupa trojan atau backdoor di dalam file anda.

      Untuk masuk halaman pertama google..coba ikuti langkah-langkah yang ada di link ini:
      http://waroong.net/cara-menulis-artikel-seo-di-blogspot-wordpress/

      • custom domain, saya baca2 reff di blog katanya yang sering kena malware itu selg hosting apa benar ? antisipasi dan solusi masalah itu bagaimana ya?

        Oke saya buka link nya, tq

        • antisipasi dengan memakai plugin security atau mempelajari script-script malware agar tahu cara kerjanya. Salah satu solusi yaitu melakukan scanning malware memakai plugin anda juga harus belajar tentang hardening server.

          • Itu berlaku Untuk custom domain juga ya? domain saya parkir blogspot soalnya

          • hanya untuk self domain.. untuk custom domain tidak terlalu rumit. Hanya saja perlu diperhatikan script-script html maupun java yang dimasukkan ke dalam template blogspot.

          • oke sangat bermanfaat dan terimaksih saran nya, kl setelah diagnostic keterangan banyak dari script PPC, nanti akan saya pelajari. Sukses buat waroong.net

          • sama-sama mas. terima kasih telah berkunjung. Apabila ada pertanyaan selanjutnya jangan sungkan mas untuk dilayangkan disini. Akan saya jawab semampu saya.

  • Bahasannya bagus dan tepat, namun untuk seo off page juga pengaruh dan berkaitan boss…..kapan hal itu dibahas…?

    • masih dalam tahap pengerjaan bos untuk artikel tersebut. :)

  • kalo untuk situs download ada tips nya om ??

  • sebenanrnya gak ada tips khusus. cuma untuk olshop yang penting tidak hanya berisi gambar namun juga deskripsi lengkap tentang produk yang dijual.