Home / Tutorial / Cara Menulis Artikel SEO di Blogspot / WordPress

Cara Menulis Artikel SEO di Blogspot / WordPress

Apa itu SEO?

Sebelum kita bahas bagaimana cara menulis artikel SEO di Blogspot / WordPress, perlu diketahui dulu SEO itu sebenarnya mahkluk apa?  SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization dan secara sederhana arti SEO adalah upaya optimasi sebuah website yang mencakup konten dan segala perangkat yang ada di website tersebut agar mudah dikenali oleh mesin pencarian dan disukai oleh pengunjung serta mendapatkan rangking yang bagus di halaman pencarian.

Ada 2 (dua) jenis SEO yaitu:

SEO on Page

SEO on Page adalah optimasi sebuah blog / website dari sisi internal. Dapat berupa setingan website, pemilihan template SEO, pengenalan website / blog kepada mesin pencarian dan menciptakan konten yang tepat untuk para pengunjung

SEO off Page

SEO off Page adalah optimasi sebuah blog / website dari sisi eksternal. Berupa backlink dengan menempatkan link sebuah blog / website di situs lain ataupun sharing pengetahuan di website lain dalam upaya meningkatkan branding atau otorisasi.

Untuk apa SEO?

Sesuai dengan arti dan kepanjangan SEO diatas maka fungsi SEO adalah untuk memudahkan pembacaan sebuah konten baik oleh pengunjung robot / crawler maupun manusia. SEO ini merupakan aturan mutlak yang telah ditetapkan oleh masing-masing mesin pencarian apabila sebuah konten website ingin mendapatkan rangking bagus di halaman pencarian tersebut. Konten itu sendiri dapat berupa gambar, video atau tulisan berupa artikel yang selanjutnya akan kita bahas panjang lebar dibawah.

Selain konten, perangkat yang ada pada website tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap angka penilaian nantinya di mata pengunjung robot dan manusia. Perangkat yang saya maksudkan disini adalah template website, alamat website, kecepatan website dan setingan dari website oleh webmaster dalam upaya memperkenalkan dirinya kepada masyarakat dunia maya.

Sebelum melangkah ke sub-judul berikutnya yaitu Cara Menulis Artikel SEO di Blogspot / WordPress, wajib memahami faktor-faktor yang akan mempengaruhi optimasi mesin pencarian selain faktor konten. Mengenai penjelasan singkat tentang poin-poin diatas dapat anda baca di :

  1. Template website / blog seo friendly
  2. Alamat website /blog seo friendly
  3. Kecepatan website /blog
  4. Setingan website oleh webmaster (Acuan utama saya adalah Google).
  5. Upaya pengenalan website ke masyarakat dunia dedemit maya.

Bagaimana caranya menulis artikel SEO?

Pengertian tentang artikel SEO disini bukan berarti saya ingin menunjukkan cara menulis artikel tentang SEO tetapi bagaimana cara menulis artikel yang benar dari sudut pandang SEO. Anda dapat menulis tentang apa saja dan panduan artikel SEO akan tetap berlaku untuk jenis semua jenis artikel, karena ini adalah patron atau kerangka aturan baku untuk sebuah optimasi tulisan.

Kerangka acuan dalam penulisan artikel SEO dapat dilihat di link berikut ini:

  1. Cara penyajian artikel SEO ke pengunjung manusia (human visitor)
  2. Cara penyajian artikel SEO ke pengunjung robot (robot crawler)
  3. Keyword artikel SEO

Setelah anda memahami secara singkat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi optimasi sebuah blog /website maka selanjutnya adalah menciptakan sebuah konten SEO baik berupa artikel, gambar atapun video (SEO on Page) dan kali ini saya fokus pada upaya menulis sebuah artikel SEO di blogspot dan wordpress.

1. Cara Menulis Artikel SEO di Blogspot

Langkah pertama tentukan tema dan judul artikel SEO yang akan ditulis. Untuk mendapatkan judul dan kata kunci yang tepat anda dapat menggunakan google keyword planner, google trend atau langsung mengetikkan judul artikel yang ingin ditulis dan melihat angka persaingan untuk kata kunci tersebut.

Setelah anda mendapatkan judul yang tepat, masuk ke blogger.com seperti biasa dan mulai berkarya. Lihat gambar di bawah ini :

cara seting artikel seo blogspot untuk judul dan heading

cara seting kata kunci artikel seo blogspot masuk pejwan

cara seting artikel seo blogspot untuk internal link dan eksternal link

Penjelasan gambar :

  • Wajib ada kata kunci di judul artikel,
  • Wajib ada kata kunci minimal ada di H2 (heading). Dapat juga ditambahkan di H3 atau H4 tapi harus disesuaikan dengan isi artikel agar tulisan tidak terlalu rancu (kalo rancu dikit cincailah hehehe).
  • Wajib ada tulisan text alternatif di setiap gambar dan wajib ada kata kunci di alt image.
  • Wajib ada meta deskripsi artikel agar tidak terjadi duplikasi dan wajib ada kata kunci di meta deskripsi artikel.
  • Wajib ada minimal 1 internal link dan 1 eksternal link. Tetapi jangan terlalu banyak link untuk internal karena nilai page authority setiap artikel akan bertambah kecil. Jangan terlalu banyak eksternal link karena pengunjung bukannya membaca artikel kita malah berlama-lama di artikel blog orang lain.
  • Wajib mencentang nofollow atribute untuk link keluar (website orang lain) dan jangan mencentang nofollow atribute untuk internal link (artikel kita yang lain dan masih berada di satu blog)

2. Cara Menulis Artikel SEO di WordPress

Langkah pertama sama seperti anda menulis di blogspot yaitu tentukan terlebih dahulu tema artikel dan judul artikel SEO. Pembahasan artikel SEO di wordpress saya khususkan untuk pemakai wordpress.org karena optimasi SEO di wordpress self hosting dapat lebih optimal dan SANGAAARRR.

Tidak jauh berbeda dengan tata cara menulis artikel SEO di blogspot, kita tetap harus memperhatikan Heading dan fokus keyword. Saya sarankan anda menggunakan plugin WordPress SEO by YOAST untuk memaksimalkan kekuatan SEO website anda. Penggunaan plugin seo yoast juga tidak boleh asal-asalan karena bukannya optimal malah ancur apabila setingan plugin yoast salah. Lihat penjelasan lengkap di cara setting plugin WordPress SEO by YOAST.

cara menulis artikel seo di wordpress

cara seting internal link untuk artikel seo di wordpress

Cara memasukkan internal link di wordpress

Penjelasan gambar

  • Wajib ada kata kunci di judul artikel (H1),
  • Wajib ada kata kunci minimal ada di H2 (Penajukan 2). Dapat juga ditambahkan di H3 atau H4 tapi harus disesuaikan dengan isi artikel. Ingat H3 (Penajukan 3) diberikan garis miring.
  • Wajib ada penjelasan tentang gambar atau alternatif text image di setiap gambar dan wajib ada kata kunci di alt image.
  • Wajib ada minimal 1 internal link dan 1 eksternal link. Tetapi jangan terlalu banyak link untuk internal karena nilai page authority setiap artikel akan bertambah kecil. Jangan terlalu banyak eksternal link karena pengunjung bukannya membaca artikel kita malah berlama-lama di artikel blog orang lain.
  • Nofollow atribute untuk eksternal link di wordpress biasanya sudah auto. Apabila tidak ada bisa anda tambahkan manual atau memakai plugin nofollow. Untuk internal link dapat anda buat manual atau kombinasi seperti saya yaitu manual dan otomatis dengan plugin untuk memudahkan spider melakukan penelusuran dari satu artikel ke artikel lainnya.

Setting Artikel SEO dengan plugin WordPress SEO by YOAST

 

Analisa artikel seo memakai plugin WordPress SEO by YOAST

Penjelasan gambar :

  • Artikel SEO pasti mengandung kata kunci di meta deskripsi artikel. Selain agar tidak terjadi duplikasi meta deskripsi, tujuan meta deskripsi adalah menarik perhatian pembaca. Yang terlihat pada gambar adalah ilustrasi penampakan di halaman pencarian.
  • Fokus Keyword harus di ulang-ulang minimal 2% dan maksimal 4% dari jumlah keseluruhan kata dalam artikel SEO.
  • Judul SEO (SEO Title) Tidak usah diisi karena terisi otomatis. Seperti terlihat pada gambar pluginyoast memberiakn peringatan bahwa Judul artikel ini terlalu panjang melebihi 70 karakter sehingga kata waroong internet tidak akan terlihat di halaman pencarian.
  • Meta Keyword tidak usah diisi karena itu tugas plugin SEO yoast.
  • Pada Tab Page Analysis terlihat indikator hijau seperti penjelasan saya diatas, cuma saya belum berhasil
  • Untuk indikator yang belum memenuhi standar artikel SEO, indikator pertama menjelaskan tingkat kesulitan pembacaan oleh manusia sesuai tingkat umur dan indikator kedua adalah menyarankan kata kunci berada di awal judul artikel.

Perlu dipahami bahwa standar minimal yang diharapkan untuk artikel SEO adalah sesuai dengan petunjuk beberapa gambar diatas yaitu:

  • Pemakaian kata kunci yang tersebar dengan syarat minimal persentase ketajaman kata kunci di seluruh artikel SEO.
  • Tata cara pemakaian heading yang sesuai dan juga penekanan beberapa kata penting dengan Bold atau Italic.
  • Jumlah karakter judul yang optimal di sertai jumlah minimal kata dalam artikel supaya menghasilkan artikel SEO.
  • Kata kunci terlihat di awal paragraf.
  • Artikel wajib ada gambar minimal 1 gambar. Setiap gambar diberikan keterangan (alt image) lengkap dengan kata kunci.

Jadi 84.62% indikator hijau itu sudah bagus, hanya 15.38% yang masih berwarna orange dan usahakan tidak ada indikator yang berwarna merah. 100% adalah angka sempurna, namun 2 indikator belum hijau pada gambar menurut saya agak sulit. Pertama tingkat kesulitan pembacaan agak sulit saya penuhi karena kalimat yang terlalu panjang sebelum tanda titik atau pemakaian kata yang sulit dimengerti. Indikator tersebut dihasilkan dari rumus berikut:

Rumus untuk mengetahui kesulitan pembacaan sebuah artikel

Saya sudah  mencoba menulis sesederhana mungkin namun ya tetap saja indikator itu tidak berubah untuk artikel ini. Kedua mengenai pemintaan judul diawal kalimat tidak saya penuhi karena ini strategi judul yang saya pakai setelah melihat trend di halaman pencarian. Sebaiknya memang kata kunci harus di awal judul karena cara membaca mesin adalah kata pertama yang memiliki sinyal paling kuat, kata kedua masih kuat dan seterusnya paling ujung adalah yang paling lemah sinyalnya.

Kesimpulan Pembahasan Artikel SEO

Saya berharap anda juga tidak terlalu kaku melihat indikator plugin SEO yoast. Apabila 75%-85% telah terpenuhi maka sebuah artikel SEO sudah siap kita terbitkan. Mengenai setingan artikel SEO di Blogspot sendiri saya rasa tidak terlalu rumit, hanya saja indikator pembantu untuk mengetahui tingkat optimasi memang agak sedikit sulit. Namun bukan berarti blogspot kalah dari sisi optimasi, anda hanya membutuhkan jam terbang lebih banyak untuk mendapatkan iramanya SEO-nya.  Ok, itu saja persembahan dari saya untuk anda mengenai RAHASIA ARTIKEL SEO dan saya yakin anda mampu menciptakan yang lebih sempurna. Selamat Mencoba!!.

About waroong.net

  • rizky zxz

    penjelasanya sangat detail om,, jadi paham cara nulis artikel yang bener Di wp/blog,, mudahan aja muncul di page one google,,

    • Senang bisa membantu. Kalau untuk muncul di pejwan masih banyak faktor yang harus dibenahi selain tulisan. Salah satunya backlink, kecepatan akses, otoritas sebuah halaman dan lain sebagainya. Bisa lihat-lihat artikel saya yang lain. Tetapi menulis artikel yang benar seperti paparan diatas merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan.

  • Makasih bg, artikel tentang cara menulis SEO ini luar biasa sangat
    membantu, sering baca yang begitu tapi gak ada yg sedetail ini…
    Terus bekarya
    di tunggu postingan postingan inovatif lainnya ^^

    • Sama-sama bang. Senang bisa membantu kawan-kawan memahami cara menulis artikel yang seo friendly. Mungkin tulisan saya masih jauh dari sempurna namun berdasarkan pengalaman dan hasil baca-baca di google. Seperti itulah sebuah artikel seharusnya.

  • Wah. Mantap mas artikelnya. Lengkap dan kompre.
    Berapa lamakah mas menyiapkan post spt ini?

    • Biasanya 2 hari mas untuk 1 artikel seperti itu. Kalau artikel biasa 4 jam. Saya gak bisa menulis artikel dengan cepat walaupun memang ada triknya. Tapi karena kebiasaan saya menulis langsung dengan kata-kata sendiri akhirnya ya lama. hahahaha.

      Terima kasih mas @febriyan_lukito:disqus telah berkunjung.

  • kijan

    Trima kasih tutorialnya lengkap sekali, sangat membantu

    • Sama -sama. Tolong dishare ke kawan-kawan apabila ada yang membutuhkan infonya.

  • Andika Dwi Guna

    Sangat lengkap mas (y) sampe ke akar thankyou

    • Senang bisa membantu. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat

  • hehe lengkap nih tutornya, saya dulu (waktu pake blog niche berita dan artikel tutorial blog) paling sering make h1 h2 dan h3, dan external juga internal link. Focuskw nya juga lumayan banyak tapi nggak terlalu banyak supaya artikel nggak fokuskw aja :) yang jelas katanya mudah dipahami jelas dan nggak terlalu berbelit2 tapi isinya banyak. dan minimal kata juga 250.

    • Hehehe..Pada dasarnya sama aja seh semua jenis konten. Tapi mungkin untuk situs-situs jenis tertentu seperti toko online gak harus sampai H3 dan sterusnya, cukup sampai H2 aja. Yang penting gambarnya ada alt image dan sedikit bumbu-bumbu keyword seperti penjelasan artikel diatas.

      Oya om maaf neh tadi saya intip struktur data situsnya kok gak ada itempropnya ya?? Maap ne om gak ada maksud menggurui tapi setahu saya untuk situs review yang diwajibkan google cuma 4, yaitu:

      itemReviewed (required*)
      author (required)
      reviewRating.bestRating(required*)
      reviewRating.worstRating(required*)

      https://developers.google.com/structured-data/rich-snippets/reviews

      Walaupun sebenarnya SEO itu bukan hanya masalah SEO onpage yang rumit seperti diatas namun apabila kita bermain di area google, coba deh om di otak-atik templatenya (backup dulu) supaya bisa memenuhi permintaan google :). Yah minimal pas di endus ama robot crawlernya google mudah dikenali untuk dipertimbangkan ke halaman pertama google.

      • iya itemprop emang saya mau aktifin, tapi masih ada kendala, makanya gak dipasang dulu. Kalau pun diaktifin saya aktifin pas umur blognya 2 bulan aja, umur blog juga baru sebulan lebih beberapa hari doang haha ibarat ayam mah masih telor doang, eh bukan mungkin embrio 😀

        iya ini themenya emang mau di hardcoding nanti, belum ada kompresi sama sekali themenya :O walaupun script udah dialihkan fungsi load ke footer.

  • udah saya lakuin gan,tapi bener belum keliatan hasilnya
    susah banget ya masuk di pejwan
    keyword saya “filter air,penjernih air,penyaring air,filter air sederhana”
    gimana nih gan,apa saya sudah gak kebagian tempat?

  • Internet Marketing Semarang

    Keren bang … Sangat bermanfaat :)
    Beli Madu Murni Online

    • Terima Kasih mas atas kunjungan-nya. Mohon saran dan kritikannya :)

  • Teuku Rahmat Saputra

    saya telah menconten nofollow atribute untuk internal link. dan saya lakukan itu di setiap artikel postingan saya. apa yang harus saya lakukan. apa saya harus mengubahnya satu persatu ?

    • kalau pakai wordpress, merubah nofollow internal link bisa memakai plugin, jadi tidak harus satu persatu. Tapi kalo memakai blogspot ya apa boleh buat, terpaksa manual satu persatu.

      • Teuku Rahmat Saputra

        kalau gak di ubah apa yang akan terjadi ?

        • Yang terjadi adalah robot mesin pencarian dan robot-robot yang lain tidak akan mengikuti link internal yang di tag dengan kode nofollow. Kalo internal link tidak dirayapi oleh google maka tidak akan tercipta link juice konten yang bagus untuk kekuatan situs tersebut.

  • artikel dengan topik ini yang saya cari mas, soalnya saya baru buat blog sebelum terlampau jauh tersesat mending cari tahu dulu akhirnya ketemu disini . heheheehe . oh yach mas kalo metatag buat blogspot yg benar yg mana soalnya lain blog lain cara jadi bingung saya tolong mas kalo berkenan review blog saya soalnya berantakan metatagnya

    • Pertama sekali saya lihat redesign by mas saputra saya langsung jatuh cinta ama templatenya…ahahahaha. Kalo berkenan saya juga mau kalo template redesign itu dikirimin ke saya satu sekalian saya perbaiki metanya (ngarep: mode on)

      • bisa aja mas kalo nyindir , hehehehe masih banyak kode yang perlu dipangkas mas dan dibenahin lagi, apalagi responsivenya berantakan

  • Sy semakin yakin ne mas menambahkan blog ini sbeagai salah satu rujukan untuk belajar. Waktu pertma kali terjun ke dunia blog, saya sulit sekali mencari penjelasan lengkap mengenai heading ini. Agan benar-benar gila (maaf dengan perumpamaan ini mas, karena saya sangat suka dengan artikel ini) menjelaskannya sampai sedetail ini. Nyw berpala lama nulis artikelnya mas?

    • hahahaha…. mas bisa aja.. Mudah2an bisa menambah referensi mas untuk SEO on Page. Biasanya saya nulis untuk 1 artikel itu paling cepat 3 hari paling lama 1 minggu. Dan sekarang tidak update lagi karena saya rasa di luar sana (blog-blog mastah-mastah SEO) sudah menjelaskan dengan sangat lengkap tentang Blog, SEO dan pernak-perniknya.

      Biasanya saya baru update apabila ada permintaan khusus dari para pengunjung. Terkadang saya lebih suka diskusi di kolom komentar dari pada ngupdate artikel ahahaha.

      • ia mas, sy jg merasa mas ini lebih asik diskusi lewt komentr krn sy bca komentr lainnya, mas lebih aktif dlm menjwabnya. oia mas, mau nanya ne, kalau menntukan kata kunci suatu blog untuk dioptimasi dngan berpatokan pada kerapatan kata kunci yang disajikan melalu webmaster apakah efektif untuk mengangakt semua postingan yang ada di blog?

        Hal ini sering menjadi pertanyaan dalam diri saya mas, karena terkadang kita asik nulis tanpa perduli dengan kata kunci.

        • EFEKTIF.

          Pada dasarnya kata kunci itu bukan kita yang menentukan, tapi keluar dari visitor dan dipengaruhi oleh mesin pencarian. Jadi gak usah takut kalo lagi asik nulis lupa kata kunci…ahahahaha.

          Informasi di search analysis google console membantu kita untuk melihat seberapa besar daya tarik sebuah konten (jumlah klik) yang kita miliki ketika pengunjung mengetikkan sebuah kata kunci dan mesin pencarian memunculkan di halaman pencarian (impression). Akhirnya menjadi sebuah kesimpulan yang disebut CTR

          Terkadang kita nembak artikel tertentu dengan kata kunci tertentu, eh malah kata kunci lain yang terkenal dan malah pejwan hahaha. Dengan search analysis google console akan membantu kita melihat trend kata kunci yang sedang terjadi di situs kita, dan trend tersebut akan sangat membantu untuk mengangkat postingan blog.

          Yang harus dipahami adalah tidak semua kata kunci yang muncul di search analysis akan menjadi pegangan karena terus berubah-ubah. Ambil saja kata kunci yang memiliki nilai impresi tinggi dengan nilai klik yang tinggi walaupun tidak berada di posisi
          pejwan.

          Khusus untuk blog adsense juga harus melihat apakah kata kunci tersebut bernilai klik. Kalo ndak ada harga kliknya, mendingan fokus ke kata kunci yang lain yang memiliki angka lumayan namun berada di posisi yang cukup jauh dari halaman pertama.

          • Mksh bnyk mas atas pnjelasannya. Sy coba pelajari apa yang agan paparkan.

      • oia mas, masukan tempo hari soal alt image yang ada di blog saya sudah saya perbaiki, tapi saya cek melalui chkme ko masih terdeteksi tdk ada alt x ya.

        • Barometernya jangan hanya chkme mas. Coba cek di woorank.com, http://www.seocentro.com, smallseotools.com, seositecheckup.com, http://www.seoptimer.com. Nah ntar hasilnya coba dibandingin.

          • ikutan diskusi mas sedikit ada kebingungan ini mengenai hasil tool online terutama penggunaan meta tag keyword yg ditulis manual di tool online seo centro kalo menggunakan metatag keyword manual terdeksi perlu dibenahin kalo saya hapus metatag keyword manualnya justru hasilnya bagus di sisi lain tool online yg lainnya menganjurkan keyword metatag ditulis manual , menurut mas yg bagus gmn pake keyword manual atau dihapus saja ??? coba mas cek di seocentro tanpa menggunakan keyword manual