Home / Tutorial / Cara Menggunakan Google Webmaster Tools (Bagian 2)

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools (Bagian 2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari Panduan Google Webmaster Tools (Bagian 1) yang sudah saya terbitkan beberapa waktu yang lalu. Apabila anda baru saja membuat blog saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel tersebut. Pada bagian ini kita akan membahas mengenai preferred domain, sitemap dan robots.txt.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan lebih lanjut sebaiknya kita set preferred domain atau domain pilihan terlebih dahulu agar google dapat mengarahkan spider untuk meng-index konten ke domain yang kita pilih. Misalnya nama domain kita adalah waroong.net tanpa www maka google akan melihat bahwa domain tersebut memiliki dua domain yang berbeda (penjelasan dari matt cutts) yaitu www.waroong.net dan waroong.net ketika domain pilihan belum di setting. Perlakuan ini khusus untuk TLD (Top Level Domain) dan tidak berlaku untuk blogspot atau wordpress.com.

1. Setting Preferred Domain

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Daftarkan nama domain anda seperti anda pertama sekali mendaftarkan domain di google webmaster, kalau masih bingung buka kembali Panduan GWT bagian pertama. Apabila domain yang kita daftarkan memakai www maka selanjutnya kita harus mendaftarkan domain yang sama tanpa www. Terlihat pada gambar untuk domain saya terdaftar 2 versi domain www dan tanpa www.
    cara mengisi nama blog di google webmasterdomain www dan non-www di google webmaster
  • kemudian klik roda gerigi di sebelah kanan atas kemudian pilih site setting dan pilih nama domain anda. Jangan bingung, blogspot dengan custom domain harus memilih domain memakai www sedangkan domain dengan hosting pribadi boleh memakai domain dengan www atau tanpa www.Pengaturan alamat domain (preferred domain)
    Jadi pilih www atau non-www? dari sudut pandang seo itu tidak berpengaruh, tetapi dari sisi teknis maka pemakaian www diwajibkan khusus untuk website dengan pengunjung milyaran seperti blogspot atau beberapa alasan lain misalnya memudahkan pemisahan struktur file di domain kita, lebih fleksibel dengan pengaturan DNS dan lain sebagainya, lihat penjelasannya di techwelkin.com atau di hyperarts.com.

 

2. Cara Daftar Sitemap di Google Webmaster Tools

Tak kenal maka tak sayang, mungkin istilah tersebut juga berlaku untuk robot crawler google. Tujuan kita mendaftarkan blog kita agar dikenal oleh mesin google dan juga memudahan kita me-manage pergerakan blog setiap hari. Setelah melakukan verfikasi (memperkenalkan) domain yang kita miliki maka kita juga wajib memberikan peta blog.

Kenapa? hampir sama seperti hutan belantara, jagat raya dunia maya dipenuhi oleh milyaran situs bahkan mungkin ribuan milyar website. Apalagi kita tidak menyediakan sitemap atau peta situs maka spider (nama robot crawler google) akan sangat sulit merayapi blog kita. Selayaknya peta, spider akan mendapatkan petunjuk isi kontent blog kita baik itu jenis template yang kita pakai, halaman static yang kita miliki dan yang terpenting adalah konten artikel yang kita tulis setiap hari dari sitemap yang kita sediakan.

Anda mungkin sering membaca internal link, nah ketika sebuah website memiliki internal link yang baik, spider (robot crawler) akan mampu menemukan sebahagian besar isi dari website tersebut. Namun demikian, sitemap akan sangat bermanfaat bagi sebuah situs ketika memenuhi kondisi:

  • Website yang memiliki kontent yang sangat banyak seperti detik.com atau kaskus.co.id. Tanpa sitemap, spider hanya akan merayapi beberapa halaman konten baru atau halaman yang di update saja.
  • Website besar yang berisi artikel-artikel lama seperti contoh diatas dan apabila tidak memiliki internal link yang baik. Pada kondisi seperti ini penggunaan sitemap untuk memastikan spider tidak melewatkan satu halaman pun untuk dirayapi, kecuali halaman yang memang kita tandai untuk tidak di index.
  • Website kita masih sangat baru (misalnya situs saya waroong.net) dan memiliki beberapa backlink yang mengarah ke waroong.net. Spider dan robot crawler lainnya bekerja dengan mengikuti link dari satu halaman website ke halaman website yang lainnya (makanya namanya spider tukang buat jaring laba-laba) dengan sitemap yang tersedia.

Apakah blog saya sudah memiliki sitemap?

Secara otomatis kita telah memiliki sitemap ketika kita membuat website baik dari blogspot, wordpress, jomla ataupun CMS lain. Hanya saja kita perlu memperkenalkan sitemap kita ke webmaster mesin pencari antara lain google webmaster tools, Bing (microsoft), Yandex atau mesin pencari lain nya. Untuk bing dan yandex akan kita ulas di lain waktu karena ini khusus untuk google webmaster tools.

Langkah-langkah mendaftarkan sitemap blog

Sangat sederhana sekali untuk mendaftarkan sitemap  di google webmaster tools, dengan syarat alamat sitemap anda tulis dengan benar dan sitemap yang anda miliki tidak error. Untuk blogspot dan wordpress.com sitemap default saat ini adalah /sitemap.xml. WordPress bisa menggunakan sitemap default atau menggunakan plugin sitemap, misalnya:

http://www.domain.com/sitemap_index.xml.

Kita bisa membuat sitemap dalam 2 type. Type pertama 1 (satu) sitemap untuk semua isi blog atau website atau memecah sitemap tersebut ke dalam kategori-kategori untuk menghindari overload server ketika situs kita di rayapi oleh robot crawler.

  • Sitemap tunggal yang mencakup seluruh URL yang ada dalam 1 domain. Misalnya, sitemap yang terletak di http://nama.blogspot.com/sitemap.xmlsitemap_xml tunggal blogspot
  • Sitemap yang terpecah ke dalam beberapa kategori seperti sitemap YOAST.
    http://domain.com/category-sitemap.xml
    http://domain.com/page-sitemap.xml
    http://domain.com/post-sitemap.xml

WordPress bisa menggunakan plugins yang tersedia, tinggal dipilih yang mana yang paling sesuai tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Contoh plugin:

  • WordPress SEO by Yoast
  • Google XML Sitemaps
  • XML Sitemaps

Sekarang mari kita lihat cara mendaftarkan sitemap standar di google webmaster tools.

  • Klik sitemap dan klik “add/test sitemap”  dan isi nama sitemap tanpa slash “/”, jadi hanya nama sitemap saja misalnya sitemap.xml bukan /sitemap.xml.
    daftar sitemap di google webmaster tools
  • Kemudian anda tes apakah sitemap tersebut eror atau tidak dengan menekan “Tes Sitemap”. Kalau eror, biasanya di wordpress periksa sitemap anda kenapa eror dari hasil test yang diberikan. Apabila 404 berarti sitemap anda tidak dapat ditemukan dan kemungkinan ada kesalahan pada plugin. Atau apabila anda memiliki domain share-hosting, kegagalan pembacaan sitemap oleh robot crawler bisa juga di karenakan hosting shared anda overload sehingga 404.
  • Setelah anda melakukan tes dan tidak di temukan eror maka langsung anda ulangi pendaftaran sitemap dengan menekan “submit sitemap”
    hasil submit sitemap di google webmaster tools
  • Pendaftaran sitemap baru akan terlihat seperti hasil diatas, sitemap nya masih pending. Tunggu beberapa hari untuk mendapatkan giliran kunjungan spider.

Re-submit sitemap

Pada kondisi tertentu untuk website yang sudah mendaftakan sitemap dan sudah terindex, misalnya:

  • Setelah melakukan perubahan url artikel.
  • Setelah menghapus url artikel dengan kode 404
  • Setelah perubahan exstrim dari beberapa artikel yang ada
  • Setelah Mark-up Data (microformat.org, schema.org).
  • Atau perubahan template blog yang mengakibatkan perubahan struktur data.

Dianjurkan untuk melakukan re-submit atau pengajuan ulang sitemap untuk memberitahukan kepada robot crawler bahwa telah terjadi perubahan struktur sitemap pada website kita. Jadi website atau blog kita bisa di index ulang lebih cepat dari kunjungan biasanya. Re-submit sitemap juga terkadang dilakukan apabila terjadi galat atau eror pada plugin yang kita pakai sehingga memunculkan kode 404.

Jadi setiap anda membuka google webmaster tools selain struktur data dan crawler error, sitemap juga harus anda perhatikan kesehatan nya setiap saat untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya.

3. Cara Periksa Robots.txt di Google Webmaster Tools

Setelah mengajukan sitemap, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah blog kita sudah memiliki robots.txt. Blogspot tentunya memiliki robots.txt otomatis, lalu bagaimana dengan cms lain? Nah ini harus anda perhatikan, set robots.txt anda sesuai dengan kebutuhan. Apabila wordpress anda misalnya belum memiliki robots.txt maka buat satu file robots.txt dan tempatkan di root domain anda.

Untuk melakukan pengecekan anda tinggal klik tes dan pilih salah satu nama robot disamping tulisan test tersebut

cek robots_txt domain anda

Pastikan robots.txt anda bersahabat dengan google

Robot crawler dapat berkunjung kapan saja dan robot yang datang bukan hanya robot google. Kita memodifikasi robot.txt kita agar tidak semua halaman bisa di masuki atau dirayapi dengan alasan keamanan atau alasan untuk menghindari duplikat (kontent, meta, title dan sebagainya). Tapi setelah perubahan algoritma baru google, agar blog kita bisa tetap mendapat ranking dari google maka setingan robots.txt harus di sesuaikan dengan permintaan google search engine. Setiap website yang ingin diranking oleh google di halaman pencarian harus memberikan ijin untuk merayapi javascript dan css website tersebut.

Untuk memastikan apakah robots.txt anda menghalangi googlebot dan kawan-kawan untuk merayapi konten, anda bisa memakai opsi fetch as google. Opsi ini akan di jelaskan lebih rinci pada artikel berikutnya baik cara pemakaian, fungsi dan manfaatnya. Saya hanya akan memperlihatkan salah satu faktor yang membuat beberapa website turun peringkat akhir-akhir ini.

akibat dari robots.txt yang memblock robot crawler google

Selain pemblokiran oleh robots.txt, tindakan serupa bisa juga dilakukan oleh plugins tertentu akibat agresif nya robot google melakukan crawling. Yang di blokir oleh plugin tersebut bisa jadi IP address yang sangat agresif atau ekstensi file tertentu yang tidak di ijinkan untuk di rayapi. Selain plugin, hosting provider terkadang bisa menjadi sumber malapetaka ketika setingan security melakukan pemblokiran terhadap ip address google yang bertidak terlalu agresif terhadap hosting tersebut atau melakukan pemblokiran file javascript dan css untuk folder tertentu dari domain tersebut.

Penutup

Anda bisa melihat apakah artikel anda sudah terindex atau belum, apakah ada konten duplikat atau tidak dan seberapa banyak artikel anda sudah terindex bisa di pantau di halaman sitempat anda. Perubahan tidak akan terjadi dalam satu atau dua, mungkin perlu satu minggu bahkan lebih tergantung dari keseriusan anda membuat artikel, mencari backlink yang memiliki niche sama dengan blog anda dan yang pasti jangan lelah membagikan artikel yang anda buat ke semua akun media social anda.

Pencarian Paling Populer:

About waroong.net

  • keren bang (Y) buat blogger yang bikin duplicakt biasanya tampilan mobile ?m=1
    nice sharing bang (Y)

    • Iya ane seh block itu supaya gak duplikat konten.
      Ngomong-ngomong, skr jaman mobilegeddon apakah masih harus di block itu mobile ?m=1 ……?? Ada info gak?

      • Lum dapat info bang,

        • Ok deh..ntar di share aja di grup kalo ada berita terbaru ttg itu.

          • Pencari Hoki

            ada yg kurang,tambah artikel,,cara unggah/unduh robots txt yang bersahabat om,,,??? ke cms atau cpanel,, trims?

          • untuk robot saya pakai ini mas:

            http://waroong.net/robots.txt

            Kalo jagoan-jagoan seo dunia robot mereka kayak gini:
            http://yoast.com/robots.txt
            https://moz.com/robots.txt
            http://searchengineland.com/robots.txt

            Jadi tergantung kebutuhan.

            Untuk mengunggahnya sangat mudah sekali cuma butuh waktu 5 detik.
            Simpan di root site jangan di folder site karena beberapa robot crawler hanya mengenali root untuk melihat robots.txt. Uploadnya terserah mau pakai Filezilla ok,pakai winscp juga bisa atau mungkin mau langsung dari cpanel juga boleh.

            Kalau tentang artikel, saya lebih senang jawab pertanyaan dari pada buat artikel mas hehehe.

          • Pencari Hoki

            PUNYA SAYA CUMA BEGINI TOK, KANG,,

            User-agent: *
            Disallow: /wp-admin/

            MINTA SARAN
            KIRA 2 ADA YG KURANG GAK YA,, plugin yg saya pake
            Free-Counter!!!!, Yoast SEO
            WP Super Cache, Akismet, NS Widget Recent, CloudFlare

            BACA DI http://waroong.net/ Hehe

    • Hahahaha…mau nanam backlink ya. Pake anchor wak biar keren..naked url bisa juga seh. Aku mau balas nanam ah..hohohoho

  • mau tanya om kalau mau nama blog saat di ketik muncul seperti ini settingnya di mana ya ? soalnya punya saya kok gak seperrti itu tampilanya , apa kurang tamvan kah?

    • kurang ganteng??wkwkwkw.

      Gini mas @PutraAdam19:disqus saya akan jelaskan disini secara panjang lebar. Siap-siap tarik nafas ya hahaha.

      1. nama domain
      Kenapa ketika mas ketik waroong akan muncul situs waroong.net? karena saya mengoptimasi kata waroong itu di nama domain, title site atau judul situs/web/blog, dan di deskripsi. Coba mas lihat di ketika parameter tersebut ada kata waroong kan?

      2. Alamat waroong.net
      Itu adalah pemberian khusus oleh google untuk saya karena telah mendaftarkan nama waroong.net dan terverifikasi secara resmi di google sebagai local business.

      Nah, mas punya usaha repair komputer atau sejenisnyakan?? kalau ada dan mau usaha mas dikenal luas di google, mudah dicari alamatnya di google map, kenapa mas tidak coba daftarkan nama tokonya itu ke Google Bisnisku . Mas klik di link tersebut isi alamat yang lengkap dan benar. klik alamat mas itu di google map dan submit. Biasanya 15 hari atau paling lama 1 bulan akan datang pin verifikasi dari google. Suratnya sama seperti pin google adsense cuma sedikit lebih besar.

      Di page google+, mas juga harus mengisi data dengan lengkap dan benar. Mas bisa lihat contohnya di google plus WaroongNetID punya saya. Kalau mas bingung kita bisa chatting di fans page waroong.net seperti kemaren itu.

      Kalau pinnya tidak juga datang, lakukan hal berikut.
      https://support.google.com/business/answer/2911778?hl=id

      Minta google menelpon mas seperti yang saya lakukan, kirim email ke mereka, cantumkan no handphone di emailnya. Pengalaman saya kemarin google pusat (US) menelpon saya, 2 hari kemudian Google India melakukan hal yang sama untuk verifikasi jenis bisnis dan peta alamat dan 15 hari kemudian Google Indonesia menelpon saya 2x untuk memastikan apakah peta google map yang saya berikan itu valid atau tidak.

      3. Artikel atau Kategori
      Dibawah alamat seperti dalam gambar itu adalah artikel. Saya memberikan deskripsi artikel yang tercantum kata “waroong”di dalamnya baik di sitemap maupun di about us (tentang waroong.net).

      Di kategori saya juga memberikan deskripsi panjang lebar untuk menjelaskan kategori tersebut. Mas bisa lihat di kategori paling atas dari situs ini. Itu adalah SEO tehnik SILO sedangkan di artikel saya gunakan SEO tehnik wikipedia. Jadi saya buat sedemikian rupa sehingga spider mudah melakukan crawling di situs waroong.net. Tentunya ini akan sulit untuk diterapkan di blogspot. Bagi saya pribadi sulit, tapi mungkin bagi master-master blogspot saya yakin mereka memiliki trik tersendiri.

      Intinya keyword density. Mas mau mempertajam kata apa di blog mas maka mas harus cantumkan itu. Coba lihat lagi ini mas .

      4. Backlink
      Setiap mas nanam backlink, letakkan anchor text dengan nama tersebut dan urlnya adalah webiste atau blog mas. Tapi jangan itu itu terus anchor nya, variasikan aja tapi fokus, kalau saya malah melebar mas hahahaha. Saya lihat punya kawan-kawan kurang bervariasi dalam memberikan anchor text.

      Apalagi situs mas itukan fokus ke bidang tertentu. Jadi lebih bagus variasinya seperti anchornya yoast.

      Setelah semua itu mas lakukan, maka terakhir adalah mengudapte artikel sebanyak-banyaknya (tentunya sesuai dengan kriteria) dan menunggu keputusan google apakah situs kita layak diberikan sitelinks di halaman pencarian.

      Sebenarnya ada beberapa trik lagi yang harus kita lakukan di google webmaster dan google analytic. Cuma saya harus menunggu perkembangannya sebelum saya utarakan. Sejauh ini dampaknya bagus sekali. Tapi itu nantilah kita ngomong di dapur aja. hahahaha

      • wah terimakasih banyak om sangat lengkap nan panjang . coba saya baca pelan pelan dan pelajari dulu sambil ngopi :) . nanti kalau kesulitan saya chat om warong di fanspage .. sukses selalu buat waroong.net

        • Sama-sama mas. semoga lancar mas. Sukses selalu buat mas. Oya mas..ada yang saya mau bicarakan..tapi gak disini..nanti saya PM aja ya.

          • barokah topi clothing

            kga ngerti sya mas., ilmu tingkat tinggi webnya seperti kaskus ada bagian seperti halaman dibawah deskripsi. caranya ora ngarti harus dipikir keras dan minuman keras(es batu)..haha

          • Coba baca-baca dulu artikel saya mas..nanti juga paham. Artikel saya di kategori tutorial (http://waroong.net/tutorial/) hampir semuanya berhubungan satu sama lain.

  • Ardy

    Oya mas. Jd untuk domain pke hosting blogspot. Submitnya pke www sj kan? Gak usah non www.

    Trus sitemap yg d dfftarkan utk domain tld hosting blogspot.. apa aja yg d dftarkan.

    • 1. Untuk domain memakai hosting blogspot apabila memakai non-www maka ketika seseorang mengetikkan misalnya domain[dot]com maka domain tersebut tidak ditemukan karena tidak di redirect ke www jadi wajib centang redirect 301 dan dipilihan preferred domain pilih www[dot]domain[dot]com.

      2. Sitemap yg didaftarkan utk domain TLD hosting blogspot adalah sitemap.xml.

  • Muhammad Rìk

    Mas, saya baru buat blog nih..
    sekarang sudah sampai tahap submit sitemap.. menurut mas, hal2 apa saja yg perlu saya lakukan selanjutnya.. Mohon bimbingannya. terima kasih:D

    • Mas udah verifikasi blognya ke google webmaster? Udah pasang kode google analytic? Mas udah claim blognya ke alexa?

      • Muhammad Rìk

        google analytic & alexa belum mas 😀
        ke tkp dulu yah.. Makasih banyak, nanti sy balik lagi.. :V

        • Okok…jgn lupa oleh oleh.

          • Setelah verif webmaster, google analytic dan alexa, step selanjutnya apa nih bang admin.. ^_^

          • Pilih domain preferred, isi sitemap. trus fetch as google. Utk fetch as google kalo mau domainnya yg di index berarti langsung tekan fetch gak usah lagi isi url di kolom

  • barokah topi clothing

    gan blog saya lama lama menurun trafficnya nih bingung turunya drastis menurut rangking alexa ,menurut anda yang salah apa ya?

    • Saya sudah periksa blognya mas. anchor backlinknya bagus persentasenya juga tinggi. Nichenya juga bagus. Tapi saya lihat templatenya tidak sempurna. Untuk setiap artikel, judul tidak berada di H1 yang membuat sinyal ke search engine lemah. Backlink masih kurang. Umur domain juga masih muda ?

      Coba cari template yang mobile friendly dan dynamic heading.

      • barokah topi clothing

        trimakasih sebelunya sudah mau membalas ini,blog jakartabordir ini udah hampir 2 tahun mas, saya masih pemula blom ngerti caranya biar judul berada di H1. Mohon pencerahanya mungkin punya artikel ttg itu yg ampuh buat referensinya dan cara mengetahui anchor backlink serta persentasenya gimana mas?trimakasih

  • Saya masih belum paham soal robottxt mas. Itu kalau bikin sendiri sebenarnya isinya apa mas?

    • Sebenarnya robots.txt itu diciptakan untuk menghalangi robot crawler memeriksa halaman kita. Jaman mobile friendly saat ini, googlebot gak mau dihalangi pekerjaannya, dia mau crawling semua. Makanya robot saya punya settingannya seperti ini:
      http://waroong.net/robots.txt.

      Ada juga yang setingan nya seperti ini:
      https://yoast.com/robots.txt

      atau seperti ini:
      https://moz.com/robots.txt

      Intinya file tertentu tidak akan bisa diindex apabila dihalangi oleh robot kita.

      • Saya sudah baca mas yang txt mas punya. Itu artinya googlebot tidak diperbolehkan (disallow)?

        • Iya mas, text setelah disallow itu menjelaskan url atau folder apa yang tidak boleh dirayapi oleh para robot

  • Resmon Rondonuwu

    Om Plugin yoast ada kekurangan di sitemap xml yah?
    kemaren saya instal yoast ke wordpress trus udah di setting,. nah pas saya submit sitemap xml ke google, statusnya pending terus.
    Mohon pencerahannya om

    • Apakah mas sebelumnya pernah menginstall plugin sitemap lain?? kalau ada coba di nonaktifkan dulu. Mungkin konflik sitemapnya??

  • Hilman Syafei

    Artikel nya sangat menarik dan mudah dipahami.

  • pelangsing herbal

    jadi begitu ya min caranya,sedikit memusingkan bagi saya yang kurang update terhadap yang beginian,tp jangan pantang menyerah saya bakal coba..

  • khaerullah bachtiar

    thx gan,, ane coba dulu ^^

  • Shelvi

    Mau nanya mas, kalau ada crawl error di webmaster, bagaimana cara memperbaikinya ya? seperti server error(9), not found(5), Error 404(7)

    by the way mas, tolong di approve ke forum diskusi dong, hehe

    • untuk server error coba periksa apakah server pernah down..periksa sitemap.xml apakah ada error. Kalau ada perbaiki dulu error sitemap.xml-nya.

      untuk not found sepertinya ada url yang telah berubah. Perbaikannya dengan redirect url 301 atau apabila url yang berubah tersebut tidak diperlukan lagi hapus saja >> klik google index >> remove urls dan masukkan url yang ada pada laporan not found.

      setelah semua perlakuan untuk beberapa kode diatas dilakukan klik mark as fixed di crawl error dan submit kembali sitemap.xml.

      Apabila server error muncul kembali setelah perbaikan berarti ada script yang masih tertinggal di hosting, baik di hosting kita mau hosting lain sehingga robot google masih melakukan crawling.

      Pada prinsipnya crawl error 404 dan not found tidak berpengaruh terhadap seo sejauh sitemap.xml tidak error dan robots.txt tidak melakukan pemblokiran terhadap konten-konten yang ada pada situs kita. Tetapi apabila crawl error ini berhubungan dengan sitemap yang error atau pengaturan robots.txt yang ketat dan juga terdapat maka dikhawatirkan akan menghalangi spider utk mengindex konten yang tersedia.

      Apabila ada pertanyaan lebh spesifik boleh ditanyakan di grup diskusi dengan menyertakan screenshot permasalahan.

  • mantab…semangat mas :)

  • dion

    mas kenapa saya tidak menemukan file sitemap di plugin SEO yoast.. hal ini menjadikan saya tidak bisa submit sitemap di google webmaster…terimakasih

    • masuk ke Peta Situs XML – Yoast SEO kemudian centang kotak dengan tulisan “Centang kotak ini untuk mengaktifkan fungsi sitemap XML” kemudian simpan perubahan.

      • dion

        sudah saya centang.. dan setelah saya klik kotak xml sitemap error 404 sitemap not found

        • apakah sebelumnya mas memakai plugins sitemap lain?? kalau ada coba di hapus dulu. Kalau tidak ada coba mas submit sitemapnya di google webmaster tools. ketik sitemap_index.xml di bagian kolom sitemap

          • dion

            masih tidak bisa mas.. GENERAL HTTP ERROR 404 NOT FOUND.. plug in sitemap yang lain sudah saya hapus.. masalah yang saya hadapi ini sudah satu bulan mas.. tp blm terpecahkan.. saya newbie wordpres mas..

          • hmmm…apakah wp nya memakai plugin cache?? coba hapus dulu cache-nya.

            coba mas cek di folder plugin melalui ftp apakah plugin tersebut betul-betul sudah terhapus?

            mas juga perlu melakukan pengecekan di database untuk melakukan penghapusan secara manual. Tetapi apabila mas tidak familiar dengan isi dan tampilan database tersebut jangan dilakukan sendiri, minta tolong sama kawannya yang paham. Karena kalau salah hapus situs bisa error.

          • dion

            bagaimana kalo saya menggunakan softrware filezilla?

          • boleh saja menggunakan filezilla

          • dion

            saya sudah cek mas dan sudah betul2 terhapus…
            file robot.txt gunanya untuk apa mas.. atau mungkin sebab robot .txt (seo yoast) belum pernah saya edit yang menyebabkan saya susah menemukan file sitemaps??

          • Mas boleh PM saya di https://www.facebook.com/gerbanglangit
            Saya gak janji bisa membantu permasalahan mas sampai tuntas, tetapi paling kurang mungkin ada saran-saran yang bisa langsung saya berikan melalui chat.

          • dion

            sudah mas.. fb saya hasim toebant

  • Utk robotnya udah betul itu mas..itu robot standar yang banyak dipakai.

    Utk plugin tergantung kebutuhan sih mas..intinya semakin sedikit plugin semakin bagus supaya gak berat situsnya.

    • Pencari Hoki

      trims kang infonya,,,yang saya suka dr blog http://waroong.net/ penjabaran artikel yg detail

  • wah senang bisa memberikan artikel bermanfaat untuk kawn-kawan. terimaksih mas atas pujiannya :)

  • wah perlu fokus tingkat tinggi nih utk belajar robot txt

  • anggraeni permata

    thanks banget infonya, sangat bermanfaat buat ngerjain tugas kuliah ku. udah aku coba, dan berhasi.

    • sama sama mbak..senang bisa membantu tugas kuliahnya :)

  • Erlanda Evario

    makasih banyak infonya, sangat bermanfaat bgt http://erlandaevario.blogspot.co.id

  • kalo pakai blogspot langsung aja vrifikasi pakai http://www.bloganda.com gak usah lagi ke bagian prefered domain.

    tapi kalo pakai wp misalnya…maka tentukan dulu domainnya mau pakai www atau tanpa http://www…kedua-duanya daftarn ke google webmaster dan tentukan di fitur settingan prepered domain mau pakai wwwatau non-www. Nanti di htaccess atau di cpanel juga buat redirect ke jenis yang dipilh>> www atau non-www.

    • badell

      oh begitu ya gan.
      terima kasih atas penjelasannya.
      sangat membantu sekali

  • Malya Alesha

    Mas, setelah saya upgrade hosting, saya punya masalah di sitemap nih.
    Untuk pemberitahuannya seperti ini (tanpa dan dengan www):
    Itu kenapa ya Mas?
    Btw, sebetulnya untuk pengurusan Google Webmaster dan Google Analytic, harusnya pakai atau tanpa www ya? Di beberapa artikel hasil googling, kok sarannya beda-beda. Saya jadi bingung 😀
    Overall, makasih Mas untuk artikelnya.

  • Isi dari artikel ini bagus dan bermutu, namun kenapa banyak gangguan seperti iklan pop up yang membuat kenyamanan pengunjung berkurang….terima kasih

  • Saya sudah ikuti cara diatas dan berhasil,,

    Kemarin saya hanya mendaftarkan domain yang berawalan www dan pada saat pemilihan preffered domain tidak berhasil, alhasil di pencarian google ada artikel ganda www dan non www.
    Yang mau saya tanyakan apakah setelah berhasil kita harus menghapus salah satu domain yang didaftarkan…?

    Makasih banyak mas…