Home / Tutorial / Cara Menggunakan Google Webmaster Tools (Bagian 1)

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools (Bagian 1)

Google Webmaster Tools – Apakah webmaster tools yang anda gunakan sudah di setting dengan benar? Setelah wara-wiri di berbagai grup dan forum, serta mendapatkan banyak pertanyaan di email mengenai cara setting tool ini maka muncul ide untuk membuat Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools yang baik. Penjelasan selanjutnya mungkin akan sedikit panjang dan lebar bagi anda yang baru mengenal google webmaster, tapi bagi yang sudah paham mungkin anda bisa melewatkan beberapa point yang saya sebutkan dan hanya fokus pada beberapa isu-isu terbaru tentang perubahan algoritma google saat ini.

Saya tidak akan menjelaskan lagi tentang pengertian google webmaster, fungsi dan manfaat nya karena anda kesini bukan untuk mencari pengertian dan hanya akan membuang 10 menit waktu anda plus bandwidth yang anda gunakan.

Bagi kawan-kawan yang membuat blog-nya dengan blogspot dapat menuju link proses pembuatan blog gratis di blogspot terlebih dahulu untuk memeriksa apakah metode pembuatannya sudah sesuai dengan kaedah SEO.

Saya akan memulai urutan penjelasan tidak persis seperti urutan yang ada di google webmaster melainkan urutan yang menurut saya penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Perlu saya sampaikan apabila bahasa yang saya pakai pada google webmaster tools berbeda dengan yang anda miliki, mohon lihat gambar untuk melihat penjelasan lebih rinci.

Apabila anda memakai bahasa lain tinggal anda sesuaikan saja dengan gambar yang saya berikan, oya mohon dengan sangat membaca panduan dasar search console ini terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya supaya tidak bingung. Kalo masih bingung juga boleh langsung layangkan pertanyaan di kolom komentar ya.

1. Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools

Ketika pertama sekali masuk ke google webmaster tool, kita akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini:

tambah domain ke google webmaster tools

Mungkin anda hanya akan melihat layar kosong bagi yang baru pertama kali masuk tanpa ada nama situs atau blog. Bagi yang memiliki banyak blog pasti banyak situs yang terparkir di halaman tersebut.

Perhatian sebelum mengisi nama web atau blog:

  • Domain TLD dengan Hosting Blogspot

    Bagi yang memakai domain TLD dengan hosting blogspot wajib memakai www karena settingan redirect 301 dari blogspot mewajibkan pemakaian www.

  • Domain TLD Self Hosting

    Bagi yang memakai domain TLD tapi memiliki hosting sendiri (self hosting), domain yang memakai www maka maka berikan nama www sebelum nama domain (misalnya www.waroong.net), dan domain tidak memakai www berikan nama tanpa www (misalnya waroong.net).

  • Subdomain Blogspot atau WordPress

    Bagi yang memakai blogspot atau wordpress cukup memberikan nama blog nya tanpa www (misalnya stevefiles.blogspot.com).

OK, langsung saja klik “add”. Sekarang mari kita daftarkan blog atau website kita. Isikan nama blog anda tanpa url atau sesuai dengan petunjuk pengisian yang diberikan oleh google. Kita cukup memberikan nama domain. Setelah blog atau website kita daftarkan, langkah selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan.

cara mendaftakan nama blog ke google webmaster toolsDan hasilnya >>
cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools

Melihat hasil metode verifikasi yang telah dilakukan

2. Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi kepemilikan blog yang kita miliki dengan beberapa metode.

Untk melihat detail hasil verifikasi

Kita bisa memilih metode yang direkomendasikan, biasanya metode rekomendasi itu untuk website dengan hosting pribadi sehingga kita kita bisa mengupload kode html-nya ke dalam root (folder_html). Namun untuk blogspot langsung saja memilih metode alternatif seperti yang terlihat pada gambar bullet no 2.


Tambah Domain Ke Google Webmaster Tools

Metode Verifikasi Blog

Berikut akan saya jelaskan masing-masing metode verifikasi. Apakah anda harus melakukan semua metode yang ada? jawaban nya TIDAK. Anda boleh memilih satu satu metode yang menurut anda paling gampang untuk diterapkan. Tapi semakin banyak metode verifikasi yang anda lakukan maka kepemilikan domain anda semakin kuat.

Pilih Metode Verifikasi yang tersedia untuk domain anda

  • Metode HTML Tag

    Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita hanya memasukkan kode HTML tag ke dalam tepat sesudah kode <head>. Bagi yang memakai plugins di wordpress misalnya plugin yoast, metode ini bisa kita abaikan karena kita telah melakukannya melalui plugin.
    HTML Tag Metode Verifikasi
    Tapi apabila anda ingin mengisi secara manual juga bisa. Edit template anda dan letakkan kode di header.php tepat setelah kode <head>.
    edit header.php wordpress
    Untuk blogspot langkah nya juga sama, buka template blogspot anda, klik template kemudian klik edit hmtl dan Klik di dalam template.

    modifikasi template blogspot

    Untuk memudahkan pencarian kode, tekan control+f dan ketik kode <head>. Copy kode meta seperti dalam gambar dan letakkan /paste kode tersebut di halaman template tepat sesudah kode <head>.
    Letak meta verifikasi di blogspotKemudian klik “simpan atau save” dan tekan Control+F5. Apabila berhasil tulisan name=’google-site-verification’ akan berubah ke ujung script. Lihat hasilnya seperti ini:

    Hasil meta verifikasi di blogspot
    Kemudian kembali ke google webmaster tools dan klik “verify”.

  • Metode Upload File

    Metode ini khusus untuk domain self hosting. File yang di berikan oleh google kita upload ke root domain kita. HARUS di dalam ROOT (/public_html) bukan di dalam FOLDER(/public_html/folder). Anda bisa memakai filezilla atau aplikasi lain untuk meng-upload file html ini. Setelah selesai meletakkan filetersebut di root kemudian klik tombol verify.

    HTML File Upload Metode Verifikasi

  • Metode Domain Name Provider

    Metode ini khusus untuk domain TLD baik self hosting maupun bukan. Kita memasukkan kode file txt ke dalam domain management di hosting.

    Metode verifikasi dengan Domain Name ProviderCopy kode yang diberikan dan masuk ke halaman cpanel anda. Cari domain management atau advanced zone editor.

    Advance Zone Editor CpanelKemudian ikuti cara pengisian seperti dalam gambar.

    cara add txt record di advanced zone editorBeda hosting beda juga penampakan nya. Dibawah ini penampakan dihosting lain:
    menambahkan txt record versi hosting lain
    Kemudian kembali ke google webmaster tools dan klik “verify”. Hasilnya seperti ini:
    Verifikasi metode file TXT untuk google webmaster tools
    Anda juga bisa melakukan verifikasi dengan CNAME, langkah nya sama seperti anda memasukkan kode TXT.
    Motode cname record untuk verifikasi googleCopy kode yang di berikan seperti langkah pada kode file txt, dan hasilnya seperti ini:
    verifikasi cname record untuk GWM

  • Metode Google Analytic

    Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita harus memasukkan kode javascript ke dalam template tepat sebelum kode </head>. Metode ini sekaligus mendaftarkan domain blog kita ke google analytic. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

    • Klik google analytic property di google webmaster tool. Apabila anda memiliki blog lain di dalam google webmaster tools maka jangan diklik dulu analytic web property karena akan terdaftar atas nama blog lain bukan blog yang kita maksud. Ikuti seperti pada gambar berikut:
      Sinkronisasi Google Webmaster Tools dengan Google Analytic
    • Anda akan menuju Google Analytic, kemudian klik “admin” untuk memulai pendaftaran domain anda dan klik “Create New Account”.

      Klik tombol "admin" di Google Analytics
    • Cara Buat Akun Google AnalyticsIsi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan domain anda. Jangan lupa untuk mencentang semua “data sharing setting”.
      cara mengisi formulir pendaftaran google analyticData sharing setting Google Analytic
    • Kemudian klik “Get Tracking ID” dan anda akan menuju kode tracking google analytic untuk domain tersebut. Andabisa melihat kode analytic khusus untuk domain tersebut beserta script yang harus di tambahkan ke dalam template.

      Google Analytics Tracking ID khusus untuk domain anda
    • Copy semua kode yang saya beri kotak merah dan edit html template anda. Taruh kode google analytic sebelum closing head </head>. Gambar di bawah adalah ilustrasi pengisian kode google analytic di blogspot. Untuk wordpress pada prinsip nya juga sama, letakkan pada file header.php. Lihat gambar untuk memudahkan pencarian.
      Letakkan script Google Analytic sebelum closing head
    • Klik “Save template” dan tekan Control+F5 dan lihat hasilnya apakah script masih sama atau malah berantakan. Kalo berantakan dan script berubah hasil nya seperti ini:
      Kode Google Analytic eror di template html
    • Perbaiki kode nya dengan menambahkan kode “// <![CDATA[” dan “// ]]>” seperti dalam gambar:
      edit script google analytic di template blog anda
    • Kemudian cek kode tracking apakah sudah terinstal atau belum. Sebelum anda reload halaman browsing anda di tab google analytic, aktifkan “Data Processing Amendment” dan pastikan kotak diatas tulisan “learn how google analytic safeguard your data” tercentang. Kemudian Setujui perjanjian dengan google mengenai “Data processing” seperti yang terlihat pada gambar:Data Processing Agreement di Google Analytics
      Google Analytics Agreement (TOS)
    • Apabila Kode analytic.js berhasil di install abaikan cara dibawah ini. Tapi apabila Tracking ID belum terinstall juga maka bersihkan dulu cookies atau history broser anda. Login kembali ke akun google analytic dan lihat apakah sudah terinstall??
      tracking ID not installed
    • Apabila masih belum juga, login ke blogspot anda dan ubah kode script google analytic anda di dalam template seperti dalam gambar di bawah. Simpan template anda, kemudian reload halaman google analytic dan lihat hasilnya.
      Alternatif script for Google Analytic
      Kode nya bisa anda download di bawah ini:
      Kode Google Analytic untuk blogspot
    • Tampilan nya akan seperti ini apabila script yang anda pasang berhasil.
      Google Analytic Code Tracking Installed on website
    • Setelah berhasil memasang kode google analytic, kembali ke google webmaster tools dan klik roda gerigi di atas layar kanan kemudian klik kembali google analytic properties. Pilih nama Google analytic yang baru saja anda buat untuk domain baru anda tadi dan klik “save”.
      Aktifkan akun Google analytic di google webmaster tools
    • Kemudian kembali verifikasi domain anda dengan memilih Metode Google Analytic dan klik “verify”
    • Kita akan membahas lebih mendalam setingan google analytic di artikel yang lain khusus untuk google analytic.
  • Metode Google Tag Manager

    Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita harus memasukkan kode Google Tag ke dalam template tepat setelah kode <body>. Google tag manager ini juga bisa di sinkroninasi dengan google analytic untuk mengumpulkan informasi pengujung blog anda yang akan terlihat pada laporan google analytic. Langkah-langkah sederhana untuk setingan google tag manager adalah sebagai berikut:

    • Login ke google tag manager dan klik “new account”
      create account on Google Tag Manager
    • Kemudian setup container google tag manager untuk domain anda. Untuk container name berikan nama domain anda tanpa tanpa dotcom. Pilih webpage untuk blog atau apabila anda mendaftarkan untuk aplikasi mobile anda maka pilih mobile apps. Isi url domain anda dan pilih zona waktu di aman anda berdomisili supaya laporan nya akurat sampai ke anda. Terakhir adalah create account and container.
      Setup account name on Google Tag Manager
      How to Setup Container Google Tag Manager
    • Kemudian anda akan melihat script yang harus anda letakkan di template website anda tepat setelah atau di bawah opening body <body>. Anda bisa memilih untuk melakukan sinkronisasi analisa data pengunjung blog anda dengan memilih icon tag google analytic atau hanya untuk verifikasi google webmaster tools pilih “Add tags later”.
      Google Tag Manager script put after opening body
    • Penjelasan berikut adalah melakukan sinkronisasi dengan google analytic. Kode google analytic yang telah anda cantumkan di closing head </head> sebelumnya  harus anda hapus agar kode analytic tidak double.
      Tag Google Analytics di Google tag manager
    • Letakkan kode/script google tag manager di template setelah <body>put google tag manager script after opening body
    • Save template dan tekan ctlr+F5. Khusus untuk blogspot, apabila masih error ubah kode nya seperti dibawah ini:
      ubah sedikit kode google tag manager agar tidak eror di blogspot
    • Kembali ke google tag manager, buat kontainer untuk google analytic dan jangan lupa centang firing rules.

      Setting analytic code on Tag ManagerFiring rules tag google analytic
    • Kemudian “create version” dari tag yang anda buat dan cek dulu sebelum publish apakah tag manager untuk google analytic aktif atau tidak.
      Create tag version on Google Tag Manager
    • Klik “preview”dan klik nama domain anda. Setelah itu lihat hasilnya preview.
      Test Google Tag Manager for specific domainAnalytic Google tag manager on fire
    • Setelah tag google analytic berhasil aktif langkah selanjutnya “exit preview mode” dan publish tag anda.
      Publish your Google Tag Manager
    • Anda juga bisa seting user_id google analytic melalui google tag manager dengan fasilitas macro. Saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang google tag manager khusus pada artikel google tag manager.

 Hasil Verifikasi

Setelah melakukan verifikasi dengan metode yang kita pilih diatas, kita bisa melihat hasilnya dari google webmaster tools seperti dibawah ini.

Verifikasi kepemilikan domain berhasil di lakukan

Dan ini adalah screenshoot dari salah satu domain yang saya miliki. Semakin banyak atau lengkap metode verifikasi yang kita lakukan maka kepemilikan atas domain semakin kuat seperti yang saja jelaskan di atas. Namun bukan berarti anda harus melakukan semua metode verifikasi tersebut. Pilih yang memang tersedia untuk anda.

hasil verifikasi semuda metode untuk domain TLD

 

Kesimpulan

Panduan google webmaster tools bagian 1 ini saya buat cukup hanya sampai di Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster untuk menghindari postingan yang terlalu panjang yang mungkin bisa berakibat anda sebagai pembaca bosan untuk membaca artikel ini. Bagian pertama panduan GMT ini merupakan langkah pertama yang paling penting untuk anda memperkenalkan blog atau website anda ke google search engine. Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, anda tinggal memantau perubahan yang terjadi pada blog anda.

Tahapan Kedua kita akan menuju Cara Menggunakan Google Webmaster Tools (bagian 2). Apabila ada masukan dan kritikan mengenai panduan google webmaster tools ini, anda bisa layangkan di kolom komentar di bawah ini. Untuk pertanyaan yang lebih detail anda bisa membuat postingan pertanyaan di forum waroong.net. Saya sangat berharap anda bisa sukses dengan blog anda.

Pencarian Paling Populer:

About Menara Langit

Tidak ada yang istimewa dari saya. Semua berawal dari kerja keras, kemauan tinggi, berfikir positif dan sedikit keberuntungan. Hard work Smart work. Sehari-hari mencari sesuap nasi di DUMAY
  • ijin bookmark bang 😀

    • sip mas bro..silahkan…jangan lupa share ke teman-teman

  • MasEDI.Net

    Super Komplit Dan puanjang 😀

    • Hahaha…Terima Kasih Mas EDI. Semoga artikel nya bermanfaat. Jangan sungkan kalau ada pertanyaan maupun kritikan.

  • ammar khairul

    Minta tolong dong mastah ada inbox masuk, “Google Analytics web property: link has been removed from http://………….com/

    ini maksudnya bagaimana ya?

    • setting di google analytic properties. pilih nama domain dan nama google analytic untuk domain tersebut kemudian save

      • ammar khairul

        baru ngeh kalo dulu memang saya melakukan seperti yang mas waroong bilang, ckck…

        terakhir boleh kasih contoh cara memasukkan nama domain dan nama google analytic untuk domain tersebut?

        • memasukkan domain kemana bang? kalau di bagian google webmaster seperti gambar diatas, kalau memasukkan ke google analytic nya juga sudah saya beri penjelasan beserta gambarnya bang. Mungkin bisa di sertakan screeshoot dari pertanyaan abang?

    • apabila yang dimaksud seperti di gambar maka setting kembali di google analytic properties. Pilih nama domain dan nama google analytic untuk domain tersebut kemudian save

      • ammar khairul

        boleh minta di screen shot tutorial cara memasukan nama domain dan nama google analytic utk domain tsb nya ya mas? soalnya praktek saya takut salah langkah atau salah memasukkan cara proses tadi.

        2015-04-09 23:17 GMT+07:00 Disqus :

        • screenshoot nya udah ada diatas mas..di artikel juga ada di bagian verifilasi dengan metode google analytic

  • Mohon sarannya dong bro.. Saya mendapatkan pesan error pada bagian struktur data.. Dari sekitar 201 item, yang error sampai 180 item.. Oh iya, saya menggunakan platform WordPress.

    Ada saran bagaimana cara memperbaikinya ? Tapi jangan yang terlalu expert ya bro, saya kurang begitu paham untuk masalah struktur data ini soalnya..

    Terima kasih sebelumnya.

    • ok mas saya cek dulu blog nya mas.

      • Oh begitu.. Terima kasih yah bro sebelumnya..

        Terus, kemarin juga saya coba cek rich snippetnya salahs atu artikel mas di warrong.net.. Itu lengkap loh rich snippetnya.. Gimana caranya ?

        • Mas lihat dulu di link ini kebutuhan untuk markup nya
          https://developers.google.com/structured-data/rich-snippets/articles

          Untuk google knowledge graph, struktur data dasar dibagian article markup properties di tandai dengan tulisan “required”

          Nah itu saja dulu dibenahi. Mas bisa lihat punya saya seperti yang mas utarakan diatas. klik di bagian hasil markup tersebut (sebelah kanan) misalnya bagian blogposting>> headline. Lalu lihat kode htmlnya yang di short di sebelah kiri, lalu pelajari kode microdata yang saya bubuhkan (lihat gambar).

          Di butuhkan pengetahuan tentang template yang anda miliki untuk bisa membubuhkan microdata tersebut dengan tepat karena masih-masing template berbeda penamaan dan letak kode.

  • mau tanya om .. stelah ganti template beberapa hari yang lalu, tampilan gambar blog saya di google webmaster tidak sama dengan template baru ( masih tampilan template lama) itu masalahnya dimana ya? mohon pencerahanya.

    • Itu cache nya google mas. Coba mas tunggu beberapa hari. Soalnya mas kan rajin ganti template nya hehehe

      • xixixi iya om.. mudah mudahan ini yang terakhir,,udah kapok di bikin puyeng

  • ikut nimbrug… sambil peraktek nih… mengikuti tiap tahap waroong.net…. kalo ada yang eror tak demo… :)

    • hahaha silahkan mas di praktekin..kalo demo jangan sendiri ajak-ajak ya hahahaha.

  • entah bagaimana caranya nyasar kesini. tapi aku menikmati artikel yang mas buat. nice pos mas :-)

    • Hahaha nyasar. Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi pembaca, hehehe. Terima kasih udah nyasar kesini mas. 😀

      • hahaha, oke mas. jujur saya suka gaya nulisnya mas. betah bacanya. (y)

  • Willy

    mas,saat saya sudan buat “create version” tekan “perview” click domain anda. Tag google analyticnya tidak aktif”, cuma tampil web saya aja tidak terjadi apa” mas..

    • Firing rulenya udah di centang mas? saya juga pernah seperti itu. Karena tdk tampil saya cek dgn ekstensi chrome namanya tagassisstant . Nanti diaktifkan dan lihat apakah tag manager nya sudah di trigger. Kalo sudah aktif keterangannya warna hijau di tag asisstant.

      • Willy

        Uda dicentang mas, klo bgini uda berhasil ya mas?

        • Coba tag asisstant nya mode klasik dan setting detail information. Kalo biru itu masih status dikasih saran. Kalo hijau status sukses atau ok.

    • Willy

      Makasi banget mas, sudah berhasil :)

      • Udah berhasill ya?? Coba kasih liat SS nya udah ijo apa blom mas?

  • thanks bat artikel berguna nya mas.

  • Shelvi

    kalau hanya melakukan verifkasi melalui google analytics apakah tidak ada masalah mas?

    • boleh aja mbak gak papa..namun semakin lengkap metode verifikasi maka verifikasi kepemilikan domain semakin kuat

  • mantap gan…ane coba nie.

  • Alle Efendi

    kalau di wordpress gimana gan?
    aku nyari gak nemu

  • coba mas ketik :
    tanpa tanda >

  • sama sama mas

  • Gan kalau kita mendaftarkan blog yang sama ke webmaster tool bagaimana? apa dampaknya? misal blog pertama catatanernest.com sudah saya daftarkan, kemudian saya mengedit header nya lalu berganti tampilan di blog tetapi tidak berganti tampilan di webmaster tools, apa harus saya daftarkan ulang atau dibiarkan saja?

    • itu cache mbak…tunggu saja sampai google melakukan crawling ulang. Itu normal mbak.

  • Lovinto post

    Ini penjelasannya komplit bgt, dan berhasil :) Terimakasih infonyaaa

  • bisa..gak ngaruh..kecuali yang diganti itu nama subdomain atau nama domain, baru di daftar ulang dan di verifikasi ulang.

  • malfi by

    om saya pke wordpress tpi ko gagal trs ya?? -__-” ga ketemu itu bodynya :v klo bisa kasih tau dan kasih SS nya dong tempat body yang buat tag manager nya mas, saya tinggal 1 tahap lg nih wkwk terimakasih mas :)

    • malfi by

      terus kan udh berhasil ke verifikasi, nah tpi semenjak di masukin code tag nya disitu malah jd muncul script di web saya di bagian atasnya, knp ya?? bisa kasih SS cara ngepaste kode tag nya ga mas? hehe

      • setelah mas, bukan di dalam tulisan body. coba ss kesini cara mas masukin scriptnya.

  • Rizki Setiawan

    Terima Kasih gan,infonya sudah membantu :)

    • Semoga bermanfaat mas.Oya disqusnya jangan lupa dibubuhkan url blognya. Pertama pengunjung dari sini dapat juga berkunjung ke tempat mas. Kedua disqus.com merupakan backlink dengan PA dan DA yang bagus kalau ada yang datang ke situsnya mas melalaui disqus. Semoga info ini bermanfaat.

  • OpO

    Btw itu apa g bisa di crawk secara manual ya,, agar cepat berubah,, dan berapa lama biasanya google mencrawl ulang sehingga tampilannya dapat berubah seperti aslinya,,

    • coba agan submit url agan ke google webmaster pilih “ambil sebagai google (fetch as google)”

      Submit url ke bing webmaster
      submit url ke yandex webmaster
      terakhir ping pakai googleping.com atau pingomatic.com

      • OpO

        Fetch sudah, submit bing juga sudah, yang belum yandex dan ping,, segera di praktekkan gan,,

      • OpO

        Submit google dan bing sudah,, yang belum yandex, baidu dan googleping

  • ahan

    Terima kasih bang! udah ane ikutin caranya! dan berhasil ternyata, blog ane udah mengalir dengan pengunjung. coba lihat aja ni contoh blog nya di http://www.ahan-ganteng.com

    • Wah mantab…blognya keren. Semoga pengunjung semakin tambah ramai.

  • IRHAM FATHONI

    wah artikelnya bermanfaat sekali mas, bahasanya juga mudah dimengerti buat nubie kyk ane 😀
    makasih mas sharingnya! salam!

    baca juga http://nguliktekno.com/

  • Salam bro… bagaimana mahu buatkan “Daftar Isi Artikel” seperti yang terdapat dalam artikel ini.

    • Sudah saya jawab langsung saya koment di artikel bang kamil 😀

  • Terima Kasih Mas
    Cara di atas semuanya berhasil saya lakukan
    Sekali lagi terima kasih
    Salam blogger pemula yang akhirnya bisa belajar dari artikel ini, sangat bermanfaat bagi saya.

    • Sama-sama mas..saya senang sekali apabila artikel saya bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan sungkan untuk bertanya apabila mas mempunyai kendala lain sehubungan dengan cara menggunakan google webmaster tool.

  • styan dhani

    maaf mas mau tanya nih, punya saya di preview ko ga ada tampilan apa-apa ya..masih utuh aja gt. kalo bdasarkan gambar di atas kan pilih preview trus pilih domain yang mau di preview…tp ko punyaku ga kluar pilihan domain stelah pencet tombol preview…itu knp ya mas

  • H1 nya terlalu banyak yaitu WA: 085717789555 Tempat Belanja Online Terpecaya – Cantik I Sehat I Modis I UpToDate. Mungkin itu pengaruh template.

    Description is missing! artinya situs agan gak ada deskripsinya. Deskripsi itu menjelaskan tentang situs belanjacantik.
    Robots meta tag is not defined, seharusnya di setting robotnya index, follow. Tetapi untuk archive dan author di setting noindex follow utk menghindari duplikasi.
    Author is missing, sebaiknya ada link author g+.
    Publisher is missing, sebaiknya ada link google pagenya.

    No DATA has been found for OPEN GRAPH (Facebook)
    No DATA has been found for TWITTER
    No IMAGE_SRC has been found
    No DATA has been found for Schema.org (itemtype only)

    artinya schema social tag nya ndak ada…contoh untuk blogspot bisa lihat di cara pasang meta social tag untuk blog

    dan untuk wp, saya pakai plugin SEO YOAST dan All in One SEO Pack namun di situs yang berbeda. Agan bisa lihat versi yoast di cara setting meta social tag worpdress.

    • andri wijaya

      makasih banyak bang ilmu nya semoga berkah . btw tampilan share medsos nya website nya keren di handphone bang . btw kalau boleh tau pake plugin apa ya bang . thx

      • Pakai Addthis bro…coba pasang baro keren tuh..kalo emang perlu tutorialnya seperti waroong.net request aja.

  • saya baru membangun blog dengan mengangkt niche tips blogging, islam, kesehatan dan info unik…mohon pencerahannya untuk di analisa kira2 agar lebih baik bagaimana untuk blog saya mas? sama kenapa index tiba2 menghilang ya mas?pdhl sya submitnya lewat fech as google untuk sebagian link artikelnya….blog saya : http://www.sidanu.com

    terima kasih sebelumnya :)

    • blognya udah bagus mas…apalagi dengan category yang rapi seperti itu. tapi pertanyaan selanjutnya blog mas itu niche apa mas?

      mengenai index yang tiba-tiba hilang, itu seh biasa..bisa jadi konten nya melanggar TOS webmaster atau dianggap spam. biasanya muncul kembali apabila kontennya sudah diperbaiki.

      • niche gado2 mas…kira2 klo daftarin adsense bsa ndak ya? udah memenuhi syrat blm mas?

        oke mas makasih infonya nanti saya coba perbaiki :) (y)

        • nanti pas daftar adsense, niche-nya apa mas? soalnya pilihan niche gado-gado nggak ada di adsense hehehehe. Oya itu H1 do homepagenya blom ada karena text diganti logo. Supaya Logonya muncul H1 coba lihat di postingan Cara setting H1 di homepage. Coba diliat mas mungkin strukturnya sama. Kalo gak salah template mythemeshop ya mas?? kalo beda berarti harus di-oprek lagi :D.

  • Sama-sama gan

  • luar biasa kang tutiorialnya , sering – sering share tutorial baru ya !!!
    Jangan Lupa kang Kunjungi Blog saya kang :) Job Indonesia

    • Makasih mbak udah mampir di blog saya..semoga bermanfaat. salam

  • Mhd arif iqbal

    lengkap sekali artikelnya mas, bermanfaat sekali buat saya yang masih baru. Ada yang ingin saya tanyakan mas, kenapa data pada webmaster tools saya lama sekali terupdatenya mas, misalkan url yang terindex cuman 15 dr 28 artikel dan peningkatannya cukup lama padahal saya update artikel sudah rutin, terus data backlink yang tidak bertambah padahal saat di google anlytic saya melihat sumber trafik banyak dari referensi blog lain dan saya tidak melihat backlink yang bersumber dari blog itu mas. Mohon jawabannya mas, terima kasih.

    • Artikel unik pasti diindex.
      Backlink natural dari situs terpercaya pasti diindex.

      Kalau tidak terindex apakah artikel dan backlinknya sudah sesuai dengan yang saya utarakan diatas?

  • Setelah dipasang dan terverifikasi, apakah kodenya boleh dihapus?

    • sebaiknya jangan..supaya robot google bisa mengidentifikasi kode tersebut.

  • ya mas

  • hendri yusup

    Infonya mantaph. terimakasih kang, blog saya sudah ter verifikasi
    sekarang< walau masih banyak yang harus di oprek. karena blog nya
    sangat bermanfaat bagi banyak orang, semoga makin sukses.

  • terima kasih telah berkunjung. semoga semakin sukses dengan blognya ya.

    • nurifai

      ama-sama om. saya juga sangat berterim kaasih atas pemblajarnya.

    • nurifai

      terimaksih kembali.